POPULAR STORIES

Pencapaian Toyota Gazoo Racing Indonesia Di Ajang GT World Challange 2023

Pencapaian Toyota Gazoo Racing Indonesia di Ajang GT World Challange 2023 Debut Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) di ajang balap touring GT World Challenge Asia 2023 (GT World Challenge Asia)

KabarOto.com - Debut Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) di ajang balap touring GT World Challenge Asia 2023 menorehkan prestasi baru sekaligus sukses memecahkan rekor lap tercepat di dua sirkuit yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap bergengsi ini.

Sebagai langkah awal di level Asia, TGRI memilih 3 dari 6 putaran sebagai bagian dari development mobil balap Toyota GR Supra GT4 Evo, yakni Thailand, Jepang dan Malaysia. Hasilnya, dari 3 kali balap yang diikuti tersebut memberikan pencapaian gemilang.

Baca Juga: TGRI Duduki Posisi Runner-up Di Ajang Balap Tingkat Regional Asia

Keikutsertaan ini tidak hanya sebagai ajang eksistensi terkait komitmen TGRI di ajang balap Asia, tetapi juga sebagai ajang development baik mobil balap ataupun Sumber Daya Manusia.

"Meski terbatas, namun kami juga melakukan banyak hal karena kami dari TCD (Toyota Customized Development) memiliki tanggung jawab untuk pengembangan mobil seperti aero parts, suspensi, dan kita banyak belajar dari balapan ini," ujar Toshio Obara, President Director TCD Asia Pacific Indonesia sekaligus Advisor Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Pencapaian brilian tercipta di seri pertama di Chang International Circuit, Thailand. Dua pembalap yang menjadi tumpuan TGRI yakni Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, mampu menorehkan lap tercepat mobil balap GT4 di sirkuit tersebut.

Berlanjut pada seri kelima di Okayama International Circuit, Jepang, TGRI kembali mendapatkan pencapaian lebih impresif. Di mana mereka berhasil mendapatkan data baru terkait pengembangan mobil lantaran perjuangan dalam meraih podium pertama terjadi begitu sengit.

Pada race pertama, kerja sama Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka serta dibantu oleh tim engineer dari Jepang dan Indonesia, mampu memberikan strategi kemenangan sehingga bisa meraih podium pertama. Begitu pula pada race kedua, perjuangan kedua pembalap ini membuahkan hasil podium kedua.

Terkait hasil yang dicapai oleh TGRI, hal ini memang di atas ekspektasi tim lantaran niatan awal mengikuti ajang balap GT4 untuk mendapatkan beberapa data terkait mobil balap GR Supra GT4 Evo.

“Tahun ini memang tujuannya untuk development tim, kita memang tidak ada target apa-apa, tapi hasilnya di luar ekspektasi karena kita bisa mendominasi podium serta memecahkan lap time record di Thailand dan Malaysia, serta ditutup dengan posisi runner up championship,” tambah Dimitri Fitra.

Baca Juga: Toyota Gazoo Racing Indonesia Tunjukkan Dominasi Di Balap ISSOM 2023 Seri Ke-4

Berikut daftar pencapaian Toyota Gazoo Racing Indonesia di ajang GT4 2023:

1. Laptime rekor GT4 Chang International Circuit : Haridarma/Nonaka 1 menit 43,513 detik

2. Laptime rekor GT4 Sepang International Circuit : Haridarma/Nonaka 2 menit 14,581 detik

3. Podium pertama di race pertama dan kedua di Chang International Circuit, Thailand

4. Podium pertama di race pertama dan podium kedua di Okayama International Circuit, Jepang

5. Podium pertama di race pertama dan kedua di Sepang International Circuit, Malaysia