Penetrasi Ekspor, Pemerintah Pamerkan Kendaraan AMMDes Di Pameran Internasional

Penetrasi Ekspor, Pemerintah Pamerkan Kendaraan AMMDes di Pameran Internasional Foto: Kemenperin

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian saat ini semakin gencar perkenalkan produk buatan Indonesia berdaya saing kepada masyarakat. Oleh sebab itu, Menperin memfasilitasi AMMDes untuk dipamerkan dalam ajang Asia Disaster Management & Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) di Nusa Dua Bali (23-28/05/2022), agar makin dikenal di dunia internasional.

Baca Juga: Menperin: Ambulans AMMDes Bisa Tekan Angka Kematian Bayi Dan Ibu

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier menyebutkan, salah satu produk unggulan adalah Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Pameran ini merupakan program pendamping dalam acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7. "AMMDes merupakan Produk lokal yang inovatif dan kompetitif, sudah banyak dimanfaatkan di berbagai wilayah Indonesia, khususnya daerah pedesaan," jelas Taufik di Jakarta, Senin (23/05/2022).

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, R. Hendro Martono menyampaikan, sejak diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 lalu, kehadiran AMMDes terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di berbagai daerah.

“Ini menjadi salah satu wujud nyata implementasi, untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa," terang Hendro. Ia juga menyebut, akan terus mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Kendaraan ini memiliki beragam fungsi, bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan masyarakat di pedesaan. AMMDes juga membantu menangani bencana alam.

Baca juga: Pemenang Modifikasi AMMDes Diumumkan Di Indonesia Modification Expo 2020

Sebagai informasi, AMMDes dibekali mesin diesel 1 silinder berkapasitas 650 cc, dapat menghasilkan tenaga maksimal 14 dk dan torsi 35 Nm. Tangki bahan bakar dapat menampung hingga 15 liter. Memiliki dimensi panjang 358 cm, lebar 137 cm dan tinggi 190 cm.

Baca Juga: Musnahkan Si Jago Merah Hingga Pelosok Indonesia, AMMDes Fire Fighters Resmi Meluncur

Daerah yang sudah memanfaatkan AMMDes ini adalah Kabupaten Lebak, Banten. Kendaraan multiguna ini digunakan untuk transportasi rujukan desa terpencil, sebagai pengumpan ambulans. AMMDes juga membantu program Pemda Lebak menurunkan angka kematian ibu dan bayi.