POPULAR STORIES

5 Kegunaan Penetrant

5 Kegunaan Penetrant Cairan penetrant atau pelumas (istimewa)

KabarOto.com - Penetrant adalah pelumas mesin berbentuk cairan yang memiliki banyak kegunaan untuk sepeda motor.

Salah satu cairan fungsi penetrant untuk mengurangi gesekan antara komponen logam yang satu dengan lainnya serta mencegah keausan.

Baca Juga:

Selain itu masih banyak kegunaan pokok dari cairan penetran atau pelumas mesin yang perlu diketahui untuk para pengguna roda dua.

Sebagai Pelindung

Selain berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin agar tidak terjadi gesekan, cairan Penetrant juga berguna untuk melumasi bagian engsel motor, seperti kopling dan tuas kopling untuk melindunginya dari keausan. Selain itu, fungsi Penetrant lainnya untuk melumasi rantai agar rotasi rantai bergerak lancar.

Sebagai Penetrasi

Untuk membuka baut yang keras, dibutuhkan cairan yang mampu masuk ke dalam rongga-rongga yang sangat kecil sekali pun. Cairan Penetrant harus memiliki fungsi yang mampu menyebar dan masuk ke dalam celah kecil sekalipun. Terlebih pada saat-saat tertentu, seperti musim hujan, akibat terkena zat asam dari air hujan baut dan mur pada kendaraan sering sulit dibuka. Saat inilah fungsi cairan Penetrant sebagai pelunak dibutuhkan.

Anti karat

Seringnya kendaraan digunakan maka bagian-bagian mesin tertentu dapat mengalami korosi atau karat. Hal ini dapat ditanggulangi dengan cairan Penetrant, karena cairan Penetrant pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai anti karat. Untuk tetap menjaga fungsi-fungsi kerja dari komponen yang terdapat pada bagian kendaraan terlebih lagi bagian mesin.

Sebagai pembersih

Selain berfungsi untuk mengurangi gesekan antara logam, cairan Penetrant pada mesin kendaraan juga berfungsi sebagai pembersih. Mesin kendaraan memiliki bagian-bagian kecil yang sulit untuk dibersihkan. Di sinilah cairan Penetrant yang mampu memasuki rongga-rongga kecil di antara bagian-bagian mesin memiliki peran penting dalam membersihkan bagian tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel, yang mampu mengganggu kinerja mesin kendaraan.

Penghilang kelembaban

Pada saat musim hujan, mesin kendaraan terutama motor kadang harus melewati genangan air. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin yang menyebabkan kendaraan tidak dapat berfungsi secara optimal. Cairan pelumas dapat membantu menghilangkan kelembaban yang dikenal dengan WD kepanjangan dari Water Displacement (penghilang kelembaban), yang ada pada busi dan bagian-bagian mesin lainnya untuk mencegah kendaraan mengalami mogok saat berkendara pada musim hujan.