Penggemar Supermoto Indonesia Gelar ISRD 2018 Serentak

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 17 Apr 2018 - 17:15
Penggemar Supermoto Indonesia Gelar ISRD 2018 Serentak
Ajang ISRD 2018 yang berlangsung di Surabaya

KabarOto.com - International Supermoto Ride Day (ISRD) 2018 digelar serentak di seluruh dunia, salah satu negara yang ambil bagian adalah Indonesia. Pada Minggu 15 April 2018, ISRD Jakarta yang diikuti berbagai pengguna dan klub motor supermoto dengan mengadakan rolling city menyusuri Senayan-Ragunan.

Kegiatan ISRD 2018 merupakan event tahunan para pengguna supermoto yang dimotori Supermoto Magazine Australia. Sedangkan untuk di Jakarta, Supermoto Indonesia (SMI) menjadi penggerak bagi para riders motor tinggi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Motoran, Ini Tanggapan Bikers

kabarOto
ISRD 2018 Jakarta

Kegiatan berlangsung pukul 07.30 WIB dari Patung Panahan Senayan-TVRI–Gatot Subroto–Kuningan–Taman Menteng-H Rasuna Said-Pancoran-Pasar Minggu–Tanjung Barat-TB Simatupang dan berakhir di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah mengajak seluruh pengendara supermoto untuk mempromosikan budaya Supermoto, memperkenalkan apa supermoto kepada masyarakat luas dan juga membudayakan tertib lalu lintas kepada pengguna roda 2 lainnya,” ungkap Irwan, Humas SMI Pusat.

Indonesia sendiri, selain di Jakarta, ISRD 2018 berlangsung secara bersamaan di Sumatra, Kalimantan, Batam, Kepulauan Bintan, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Yang diikuti berbagai komunitas dan klub supermoto seperti Supermoto Indonesia, BCK Supermoto, Kracker, dan Independent Supermoto.

Sementara secara internasional ISRD 2018 berlangsung di Brazil, Hongkong, Taiwan, Amerika Serikat, Slovakia, Swedia, Belanda dan lainnya untuk riding bareng di tanggal yang sama.

kabarOto
Club Kracker Gresik Supermoto


Di Surabaya, kurang lebih sekitar 500 penggemar supermoto juga turut mensukseskan kegiatan ISRD 2018. Seluruh riders yang tergabung dalam SMI Surabaya, SMI Bangkalan, Kracker Surabaya, Kracker Sidoarjo, Kracker Gresik Supermoto dan Kracker AG, menjadi satu di titik kumpul di Bambu Runcing Surabaya dan melakukan rolling city kota Surabaya.

Yang dimulai dari Jalan A.Yani Surabaya (pertigaan Ke Jl.Ketintang)-Mayjen Sungkono-HR.Mohammad-Darmo Boulevard-Jembatan Kenjeran Baru-Tugu Pahlawan-Tunjungan-Jalan Raya Gubeng- Darmahusada-Kalijudan Merr-Kenjeran pantai lama, dan berakhir di Pujasera Merr Surabaya. Dan di lokasi inilah para riders asyik bercengkerama dan sharing seputar supermoto.

"Kami bisa ketemu pecinta supermoto lainnya, bisa sharing soal supermoto, bisa kenal dari chapter lainnya, juga bisa riding bareng. Jadi ajang ISRD 2018 merupakan acara bebas buat pecinta supermoto, meskipun belum ikut komunitas. Setelah acara tersebut, yang belum ikut komunitas akhirnya bisa tahu ada komunitas supermoto di tiap kota dan bisa gabung. Intinya acara ISRD 2018 ini mempererat hubungan antara pecinta supermoto dari tiap kota yang diselenggarakan di Surabaya," ungkap Alex dari club Kracker Gresik Supermoto kepada KabarOto melalui pesan seluler.

Kegiatan yang berlangsung secara serentak ini juga menjadi salah satu cara mempromosikan lokasi wisata, aset-aset lainnya dari wilayah atau daerah masing-masing.

Di Indonesia pelaksanaan ISRD 2018 berlangsung di berbagai wilayah yang meliputi:
Area Aceh: SMI Aceh,
Area Riau: SMI Riau, Kuansing
Area Riau Kepulauan: SMI Batam, Tjg Batu, Tjg Pinang
Area Sumsel: SMI Tembilahan, Indragiri Hilir,
Area Lampung: SMI Lampung
Area Jabodetabek: SMI Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor
Area Bandung: SMI Bandung
Area Kuningan: SMI Kuningan
Area Jawa Tengah: SMI Semarang, Ungaran, Kroya, Kebumen, Solo
Area Jogjakarta: SMI Jogja, Klaten, Sragen,
Area Jawa Timur: SMI Surabaya, Lamongan, Madiun, Bangkalan, Malang, Bojonegoro, Blitar
Area Kalimantan Barat: SMI Ketapang
Area Kalimantan Timur: SMI Balikpapan, Samarinda, Paser
Area Kalimantan Selatan: SMI Banjarmasin
Area Sulawesi: SMI Palu
Area Ambon: SMI Ambon
Area Papua: SMI Jayapura, Sentani
Area Timur: SMI North Mollucas, Dompum Taranoatee,

Editor : rio