POPULAR STORIES

Penggerak Roda Belakang Bermasalah, Ribuan Genesis GV60 Ditarik Kembali

Penggerak Roda Belakang Bermasalah, Ribuan Genesis GV60 Ditarik Kembali Genesis GV60 (Foto: Genesis)

KabarOto.com - Sekitar 1.800 unit Genesis GV60 model 2023 yang dipasarkan di Amerika Serikat, ditarik kembali karena bermasalah pada penggerak belakang.

Pemberitahuan penarikan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) menyatakan, Genesis GV60 dengan powertrain penggerak semua roda yang tersedia memiliki poros penggerak belakang, berpotensi patah karena tekanan abnormal yang terjadi selama proses pembuatan.

Jika driveshaft belakang patah, hal itu dapat mengakibatkan hilangnya tenaga dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca Juga: Genesis Daftarkan Merek Dagang Calon Mobil Sport Bernama GT90

Genesis GV60 yang diproduksi di Amerika Serikat juga terimbas masalah tersebut

Investigasi atas masalah ini dibuka pada 9 Maret 2023, setelah ada laporan kerusakan poros penggerak belakang pada Genesis GV60 yang dijual di Korea Selatan dan Eropa. Hyundai kemudian memeriksa kendaraan di pelabuhan dan pusat pemrosesan kendaraan, di Korea Selatan dan Inggris dan dari 333 kendaraan yang diperiksa, sekitar 29 Genesis GV60 ditemukan kerusakan pada poros penggerak.

Sementara pabrikan mobil tidak mengetahui adanya insiden terkait masalah tersebut di Amerika Serikat, mereka telah mengidentifikasi lima insiden yang melibatkan retaknya poros penggerak belakang pada kendaraan.

Baca Juga: Ada Solar Panel Di Genesis G80 Begini Cara Kerjanya

Sebagai informasi, sebanyak 1.790 unit Genesis GV60 yang diproduksi untuk pasar Amerika Serikat antara 15 Juni 2022 hingga 10 Februari 2023, terlibat dalam penarikan tersebut.

Pemilik akan diberitahu pada 25 Juni 2023, dan diinstruksikan untuk membawa kendaraan mereka ke diler Genesis, di mana driveshaft belakang kiri dan kanan akan diganti secara gratis. Genesis juga akan mengganti biaya perbaikan yang dilakukan pemilik mobil, sebelum adanya penarikan produk kembali.

Genesis mencatat, driveshaft yang ditingkatkan, diproduksi menggunakan alat jig yang disejajarkan dengan benar, dan telah diperiksa sepenuhnya untuk ketidaknormalan.