Pengguna Motor 150cc Keatas? Begini Cara Rawat Sistem Pendingin Biar Mesin Selalu Adem

Pengguna Motor 150cc Keatas? Begini Cara Rawat Sistem Pendingin Biar Mesin Selalu Adem Honda CBR250RR. (foto: istimewa)

Kabaroto.com- Radiator diketahui merupakan sistem pendingin yang ampuh pada mesi motor, fungsinya yang menekan panas ruang bakar, dapan meredam suhu mulai dari crankcase hingga silinder head.

Meskipun memiliki fungsi sebagai peredam suhu, bukan berarti radiator lepas dari perawatan. Apalagi jika Anda pengguna motor kelas sport 150cc keatas yang masih memakai radiator, perawatannya ternyata memerlukan perhatian lebih dibanding motor non-radiator.

Body silinder yang dikontruksi untuk pendingin cairan, tidak memakai sirip-sirip silinder seperti pendingin udara. Bila sirkulasi airnya terhambat atau airnya samapai berkurang saja, panasnya akan cepat naik. Dampaknya tentu akan sering mengalami overheat, onderdil cepat rontok, dan pemakaian bensin juga lebih boros.

Radiator coolant atau isi radiator wajib diganti dan diperiksa secara berkala. Saat ini banyak presepsi yang salah jika radiator cukup diisi air biasa (ledeng), hal itu tidak dibenarkan, karna cairan yang digunakan pada radioator disarankan menggunakan cairan khusus yang tidak menimbulkan kororsi atau karat.