POPULAR STORIES

Pengguna Terbesar, Kemenperin Ingin Industri Pendukung Otomotif Makin Maju

Pengguna Terbesar, Kemenperin Ingin Industri Pendukung Otomotif Makin Maju KabarOto/ Kemenperin

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mengembangkan industri mold, dies, jig and fixture atau industri tools.

“Industri ini merupakan sektor pendukung yang strategis bagi indutri mesin dan perlengkapan, yang memproduksi perkakas atau tools untuk industri pengguna, seperti industri otomotif,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier.

Ia mengemukakan, produk mold, dies, jig and fixture memegang peranan penting, dalam proses pembentukan utama dari suatu benda kerja sebelum dilakukan perlakuan tertentu lanjutan, seperti halnya heat treatment dan proses finishing.

Baca juga: Hyundai I30 N, Lanjutkan Kiprah Pabrikan Sebagai Safety Car WSBK Sejak 2019

“Sebab, industri mesin dan perlengkapan sebagai salah satu sektor fundamental untuk memasok barang modal berupa mesin dan peralatan bagi sektor manufaktur dan lainnya,” paparnya.

Taufiek juga menyampaikan, industri mold, dies, jig and fixture memberikan kontribusi yang signfikan bagi perekonomian nasional.

Baca juga: Pabrik Pelumas Shell Di Marunda Diperluas, Target Produksi 300 Juta Liter Per Tahun

Hingga Agustus 2022, kinerja ekspor industri mold sebesar USD 15,8 juta, industri dies sebesar USD 8,7 juta, serta industri jig and fixture sebesar USD 44 juta.

”Untuk segmentasi pasar produk mold, industri otomotif merupakan sektor pengguna terbesar yang mencapai 41% jika dibandingkan dengan sektor lainnya seperti industri elektronik 16%, serta industri peralatan dan perkakas 14%,” sebutnya.

Industri otomotif menurutnya merupakan sektor pengguna terbesar yang mencapai 64% jika dibandingkan dengan sektor lainnya.