POPULAR STORIES

Penjualan Harley-Davidson Merosot Tajam, Ini Alasannya

Penjualan Harley-Davidson Merosot Tajam, Ini Alasannya Foto: Kipli

KabarOto.com - Jika Mitsubishi Indonesia (PT MMKSI) sedang menikmati masa jayanya karena angka penjualan mereka tercatat paling baik sepenjang perusahaan tersebut berdiri, hal sebaliknya terjadi pada merek motor asal Amerika Serikat yakni Harley-Davidson.

Motor yang terkenal dengan ketangguhannya tersebut harus mengalami kelesuan penjualan, yang terjadi pada laporan keuangan pada periode Oktober sampai Desember 2018. Dikutip dari Rideapart, pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Amerika Serikat ini memperoleh laba USD 0,00 alias tidak mencatatkan keuntungan sama sekali per sahamnya.

Nahasnya lagi, angka retail Harley-Davidson mengalami penurunan di atas 10 % dibanding kuartal ketiga 2018, atau periode Juli sampai September. Ini adalah hasil buruk kedelapan kali berturut-turut sepanjang 2 tahun ke belakang.

Baca Juga: Ada Smartphone Keren Untuk Anak Moge Nih

Hal serupa juga terjadi di pasar Internasional. Secara global, penjualan pabrikan sepeda motor ikonik asal Negeri Paman Sam itu mengalami penurunan sebesar 6,7 %. Alhasil pendapatannya pun merosot sampai USD 1 miliar, sekitar Rp 14 triliunan (Kurs USD 1 = Rp 13.955).

Matt Levatich, CEO Harley-Davidson, mengatakan bahwa pihaknya akan memperbanyak produksi. Hal ini tentu dilakukan untuk mendongkrak penjualan dan pendapatannya, baik di pasar Amerika Serikat maupun secara global.

Levatich pun menyatakan bahwa hasil buruk selama 2 tahun ke belakang ini justru memberi energi baru bagi Harley-Davidson untuk meningkatkan kualitas dan komitmen mereka di dunia sepeda motor. Apakah tahun ini justru jadi kebangkitan pabrikan tersebut? Kita tunggu saja.