POPULAR STORIES

Penjualan Honda Brio Kalahkan Toyota Avanza, Ini Penjelasannya

Penjualan Honda Brio Kalahkan Toyota Avanza, Ini Penjelasannya New Honda Brio RS (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Penjualan Honda Brio mengalahkan Toyota Avanza, sebagai mobil terlaris dari tahun ke tahun di Indonesia.

Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), data wholesales (distribusi pabrik ke diler) tahun 2022, Honda Brio mencatatkan angka 61.025 unit, sedangkan Toyota Avanza 60.624 unit.

Bukan hanya itu, pada masa pandemik Covid-19 tahun 2020 lalu, Honda Brio juga mejadi mobil dengan jumlah wholesales terbanyak di Indonesia, mencapai 36.512 unit, diikuti Suzuki Carry 33.407 unit dan Toyota Avanza 31.883 unit.

Baca Juga: Profil New Honda Brio RS, Fokus Ubahan Eksterior Dan Interior

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan alasan Honda Brio bisa mencatatkan penjualan yang bagus. Menurutnya mobil perkotaan ini banyak dimintai kalangan entry level atau pembeli mobil pertama.

Honda Brio Satya

"Honda Brio ini pemintanya dari entry level. Jadi orang pertama kali beli mobil, banyak beli Brio, terutama Satya," jelas Billy, Jum'at (05/05/2023). Menurutnya, biasanya sebagian naik kendaraan umum atau dari roda dua, lalu banyak yang beralih ke Honda Brio.

Baca Juga: Modifikasi Honda City Hatchback, Terapkan Warna Soul Red

Billy juga menambahkan, pada saat pandemi banyak orang khawatir naik kendaraan umum. Jadi mereka cari mobil yang harganya terjangkau, kualitas baik dan perawatannya mudah, irit bahan bakar, desain yang sporty dan tidak khawatir dengan layanan purnajual.

"Jadi kita perlu menggaet first buyer. Mobil 7 peumpang juga ada first buyer-nya juga. Selain itu, diluar Jawa angka first buyer-nya juga besar, kita harus tangkap itu. Apa yang dibutuhkan konsumen, kita hadirkan," tambah Billy.

Sebagai informasi, pada kuartal pertama 2023, Honda Brio juga menjadi yang terlaris dengan penjualan 7.327 unit, diikuti Toyota Avanza 5.641 unit.