POPULAR STORIES

Penjualan Mobil Anjlok, Ini Mobil Paling Laku Bulan Mei 2020

Penjualan Mobil Anjlok, Ini Mobil Paling Laku Bulan Mei 2020

KabarOto.com – Pandemi COVID 19 berdampak besar pada sektor penjualan mobil. Angka penjualan menurun drastis ketimbang bulan-bulan sebelumnya, bahkan dari data GAIKINDO mencatat pada bulan Mei 2020 hanya ada sekitar 3.551 unit mobil terjual dari seluruh merek yang ada di Indonesia.

Lalu dari hasil tersebut, mobil apa paling laku? Berikut adalah 5 model yang mencatat penjualan terbanyak periode Mei 2020 menurut data wholesale GAIKINDO.

1. Mitsubishi Triton

Walau tidak menunjukkan angka begitu wah, tapi cukup mengejutkan di mana Triton justru menempati posisi pertama dengan 336 unit. Mengalahkan segmen Low MPV yang biasanya lebih diminati pasar lokal.

Mitsubishi membekali Triton dengan mesin 2.4 liter MIVEC turbocharger yang dilengkapi dengan intercooler, Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin berkode 4N15 ini juga menghasilkan tenaga cukup besar yakni 178,5 dk dan torsi sebesar 430 Nm.

Baca Juga : Lebih Detail Lexus IS 2021, Simak Galeri Fotonya!

Tidak lupa fitur keamanannya juga canggih loh, sebut saja 7 titik airbag, Forward Collision Mitigation System (FCM) berguna melakukan pengereman darurat ketika sensor membaca ada objek terlalu dekat di depan mobil. Ultrasonic mis-acceleration Mitigation System (UMS) merupakan sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang. Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA), Multi-around View monitor, dan high beam otomatis.

2. Mitsubishi Xpander

Nampaknya Mitsubishi sedang berjaya di tengah pandemik, karena tempat kedua diisi oleh Xpander dengan 268 unit. Di kelasnya, mobil ini memberikan nuansa berbeda yang lebih tampil sporty, interior mewah, suspensi nyaman dan ingin tampil beda tapi harga masih terjangkau. Tak heran jika gelar Best Low MPV 2020 diraih olehnya.

Baca Juga : Begini Tampang Nissan X-Trail Generasi Baru

Mesinnya dibekali 4 silinder, DOHC, MIVEC berkapasitas 1.5 liter, sanggup memuntahkan tenaga hingga 103 dk dan torsi 141 Nm. Transmisinya menggunakan manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan penggerak roda depan.

3. Suzuki XL7

Pendatang baru dari Suzuki juga tidak kalah menarik, nih. Bermain di sektor Low SUV keputusan Suzuki tepat memasukkan XL7 pada line up penjualannya. Terbukti ia dinobatkan sebagai Car Of The Year 2020 dan mencatat bulan Mei 2020 laku hingga 196 unit.

Mesin sama seperti basisnya Ertiga, K15B DOHC dan sudah berstandarisasi emisi gas buang Euro4. Berkapasitas 1.5 liter tenaga 104,7 dk dan torsinya 138 Nm. Pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

4. Toyota Innova

Bukan Avanza, tapi Innova lah yang jadi tulang punggung andalan Toyota di tengah pandemik, menoreh hasil 186 unit. Mobil MPV ini masih jadi andalan keluarga Indonesia, kabin lega, fitur mumpuni, service mudah, dan praktis dibawa kemana saja jadi alasan utama Innova disukai.

5. Suzuki APV

Yang tidak disangka lainnya ialah Suzuki APV, mobil ini mengalahkan penjualan lainnya dengan 136 unit. Padahal bisa dibilang tidak ada ubahan baru apapun dilakukan padanya. Tapi jangan salah, bukan untuk kendaraan pribadi, melainkan APV lebih banyak jadi mobil Ambulans demi membawa para tim medis serta pasien terdampak Covid-19.