Penjualan Mobil Di Bulan Maret Kembali Normal, Tembus 89.811 Unit

Penjualan Mobil di Bulan Maret Kembali Normal, Tembus 89.811 Unit Konsumen membeli mobil saat pameran otomotif (Foto: Sigit/KabarOto.com)

KabarOto.com - Penjualan mobil di bulan Maret menunjukan sinyal positif. Di mana, angka penjualannya sudah mencapai kondisi normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales di bulan Maret mencapai 98.524 unit. Sedangkan untuk penjualan retail mencapai 89.811 unit.

Kebijakan Kementerian Perindustrian untuk industri otomotif Indonesia yakni pemberian relaksasi PPnBM DTP telah berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan. Tercatat kenaikan signifikan setelah berlakunya kebijakan PPnBM DTP.

Baca Juga : Potensi Chery EQ1 Rebut Peminat Mobil Listrik Di Indonesia

Suzuki Jimny

Pada tahun 2021 tercatat kenaikan penjualan domestik sebesar 68%. Dan dengan hasil penjualan pada bulan Maret 2022, pencapaian Kuartal pertama tahun 2022 mencapai 263.810 unit. Angak ini naik sebesar 41,1% dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya.

“Hasil penjualan kendaraan pada bulan Maret yang berhasil mencapai lebih dari 98 ribu unit, yang berhasil menyamai angka pencapaian pada kondisi normal, adalah buah dari dukungan dan arahan yang diberikan Pemerintah,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Baca Juga : Pemesanan All New Honda HR-V Tembus 5.000 Unit

All New Honda BR-V

Tidak dapat dipungkiri bahwa hasil penjualan kendaraan yang luar biasa pada bulan Maret lalu tak lepas dari dorongan penyelenggaraan pameran otomotif terbaru dari Gaikindo. Di mana, pameran itu fokus untuk mendorong penjualan yakni Jakarta Auto Week (JAW) yang berlangsung 12 hingga 21 Maret 2022 lalu.

"Penyelenggaraan perdana JAW, selama sembilan hari telah mencatat pencapaian transaksi yang sangat bagus, dan berhasil merealisasikan tujuannya untuk dapat berkontribusi kepada pecapaian penjualan industri otomotif, yang pada bulan Maret mencapai hasil yang luar biasa,” ungkap Nangoi.

Kementerian Perindustrian memberikan respons sangat positif atas hasil pencatatan penjualan kendaraan bulan Maret 2022. Kemenperin berharap agar Gaikindo dan industri otomotif indonesia dapat terus menjaga dan mempertahankan pencapaian yang sangat baik tersebut.