POPULAR STORIES

Potensi Chery EQ1 Rebut Peminat Mobil Listrik Di Indonesia

Potensi Chery EQ1 Rebut Peminat Mobil Listrik di Indonesia Chery EQ1 berpotensi dibuat di Indonesia (Foto: KC/KO)

KabarOto.com - Trend akan mobil listrik di Tanah Air, tak dilewatkan oleh PT Chery Motors Indonesia untuk memajang salah satu andalannya Chery EQ1 selama sebelas hari memeriahkan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, (31/3-10/4). Di pameran ini, brand asal Tiongkok mengangkat tema 'New Chery, New Products, New Experience'.

Chery EQ1 di Tiongkok sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 2016. Nah, yang datang di IIMS Hybrid 2022 ini merupakan model penyempurnaan, diperkenalkan pada tahun 2019. Pastinya di negara asalnya memberikan kejutan bagi kompetitornya, sebab Chery memegang kukuh tiga pilar yakni: Advanced Technology, Fashionable Design, dan High Quality. EQ1 ini mewakili tiga pilar tersebut. Adanya teknologi, bentuk menarik serta di kualitas. Apalagi juga kemampuan baterainya untuk sekali pengisian bisa tembus jarak 300 km, kendaraan listrik kecil lainnya masih di 150-200 km.

Baca juga: Antusias Tinggi di IIMS Hybrid 2022, Chery Open Pre-Booking

Rifkie Setiawan, GM Marketing PT Chery Motors Indonesia, mengatakan sepanjang pameran banyak yang mengira EQ1 sudah dijual. “Bentuknya simpel serta bisa memuat empat orang. Kebanyakan pengunjung setelah melihat-lihat menyatakan berminat dan langsung menanyakan harga,” ujar Rifkie.

Sayangnya, EQ1 tampil di IIMS Hybrid 2022 masih sebatas display menemani Chery Omoda 5, Skytour dan Tiggo Series yang diproyeksikan segera meramaikan segmen Sport Utility Vehicle (SUV).

Rifkie tak menampik bahwa EQ1 berpotensi meramaikan pasar kendaraan listrik mungil nasional. Masalahnya di Tiongkok sendiri harganya (entri level) sudah mulai dari 120 jutaan. Tapi dirinya mengakui EQ1 punya kelebihan, “EQ1 bisa menempuh jarak lebih dari 300 km, jadi penggunaannya bisa lebih jauh.”

“Model seperti EQ1 ini sudah ada dalam rencana Chery di Indonesia. Agar bisa lebih terjangkau tentunya harus dibuat di sini dan mellibatkan banyak pemasok lokal. Tak menutup kemungkinan tiga tahun ke depan bisa terwujud,” yakin Rifkie berbicara dengan jurnalis KabarOto saat menyambangi booth Chery di JIExpo Kemayoran.

Memang cukup menarik bila EQ1 ini diwujudkan di tengah harga bahan bakar kian merangkak naik. Pilihan kendaraan listrik ke depannya akan semakin masuk akal, dalam hal minim perawatan, tak banyak komponen yang harus diganti dan sangat murahnya biaya listrik bila dibandingkan biaya pengisian bahan bakar. Hanya saja, isu lamanya pengisian ulang baterai masih sebatas masyarakat belum tahu bila adanya fasilitas pengisian cepat yang tak sampai menanti satu jam.

Impresi langsung EQ1 yang dipajang di IIMS Hybrid 2022, dimensinya tidak terlalu mungil seperti yang dibayangkan. Bila melihat data yang kami kumpulkan, memiliki panjang 3.200 mm, lebar 1.670 mm, dan tinggi 1.550 mm. Hal inilah yang membuat EQ1 bisa memasukkan empat orang dewasa ke kabin. Selain itu yang tak membuatnya terlihat kecil adalah penggunaan pelek 15 inci yang dilingkari ban profil 165/65 R15.

Sistem penerangan dan pemberi tanda rem sudah menggunakan teknologi LED memastikan pemakaiannya bisa lebih efisien dalam penggunaan energi listrik. Menariknya lagi adalah sudah disematkan Daytime Running Light (DRL) secara vertikal di sisi bumper depan.

Mengakses kabin, akan dijumpai warna senada eksterior, mulai dari door trim, dasbor, kisi AC, konsol tengah hingga jok. Soft touch juga coba dihadirkan yang membuat EQ1 ini terkesan mewah saat dilajukan.

Dipastikan pengendara EQ1 mendapat porsi lebih untuk berbagai informasi tentang kendaraan melalui panel instrumen. Begitu juga dengan hiburan selama di perjalanan, disandingi layar sentuh vertikal di tengah dasbor. Lingkar kemudi juga terdapat remote yang memudahkan pengendara bisa lebih ergonomis saat berkendara.

Semua sistem memang dibuat praktis seperti transmisi model putar, parkir tangan cukup memainkan tombol di konsol tengah. Ada wireless charger ponsel tepat di bawah sandaran pembatas kursi pengendara dan penumpang.

Baca juga: Profil Chery EQ1, Si Mobil Listrik Imut

Oh iya, pintu yang lebar dan sistem lipat kursi otomatis membuat penumpang di belakang memudahkan akses masuk dan keluar. Tak ada kesan sempit duduk di sana, sebab sudah menerapkan atap panoramik. Jok penumpang belakang juga bisa dilipat rata untuk hadirkan muat barang lebih luas.

Kemampuan laju EQ1 ini di angka 100 kpj, gunakan motor listrik magnet synchronous berkekuatan 40 dk dan torsinya 120 Nm. Sedangkan untuk kapasitas baterainya 38 kWh. Perihal pengisian menggunakan sumber dari rumah tangga dengan charger 6,6 kW memakan waktu 5-7 jam. Bila ingin cepat ada koneksi untuk fast charging 30-80% hanya memerlukan waktu 30-50 menit.