POPULAR STORIES

Penjualan Mobil Listrik Di Indonesia Terus Tumbuh

Penjualan Mobil Listrik di Indonesia Terus Tumbuh

KabarOto.com – Melansir data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik hibrida sepanjang tahun 2020 mengalami peningkatan sebanyak 61,75% dibandingkan tahun sebelumnya.

Penjualan mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV) mencatatkan angka penjualan sebanyak 1.108 unit pada 2020. Sedangkan tahun sebelumnya hanya mencatatkan 685 unit.

Sementara itu, penjualan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) turun dari 20 unit pada 2019 menuju 6 unit pada 2020.

Baca Juga : Setelah Indonesia, Hyundai Bikin Pabrik Mobil Listrik Di Singapura

Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Gaikindo mengatakan daya beli masyarakat perlu ditingkatkan untuk memperluas popularitas kendaraan listrik di Indonesia.

“Saat ini, daya beli masyarakat berada di angka Rp 300 juta, sedangkan harga mobil listrik masih kisaran Rp 450 juta ke atas. Selisihnya masih jauh dari jangkauan masyarakat yang mampu membeli mobil,” ungkap Kukuh.

Baca Juga : Toyota Sudah Siapkan 10 Mobil Listrik Untuk Indonesia

Harga mobil listrik yang lebih mahal dibandingkan mobil konvensional disebabkan komponen utama berupa baterai, yang belum diproduksi secara massal. Harga baterai mobil listrik itu sendiri mencapai 40% dari harga mobil listrik.

Selain harga yang tinggi,masalah lain dari mobil listrik adalah jarak tempuh mobil listrik masih terbatas karena kapasitas baterai mobil listrik terbatas.