POPULAR STORIES

Penjualan Mobil Listrik Melonjak Lebih Dari 100 Persen Di Seluruh Dunia

Penjualan Mobil Listrik Melonjak Lebih dari 100 Persen di Seluruh Dunia Kipli, International Energy Agency

KabarOto.com - International Energy Agency mengumumkan laporan berupa data penjualan kendaraan listrik secara global, yang selama dua tahun terakhir diklaim melonjak cukup tajam.

Menurut data yang dirilis, terjadi lonjakan lebih dari 100% dari 3 juta unit pada 2020, menjadi 6,6 juta unit pada 2021. Artinya, angka tersebut menyimpulkan bahwa penjualan kendaraan listrik nyaris mencapai angka 9% diminati sebagai kendaraan penumpang yang tahun lalu.

Baca juga: Test Drive BMW I3S - 0% Emisi, 100% Akselerasi

Jika menilik dua tahun sebelumnya, angka ini meningkat sebesar hampir tiga kali lipat. Pertumbuhan pesat ditunjukkan pada akhir tahun, yakni bulan Desember yang mencatat lonjakan penjualan 2,5 kali lipat dibanding bulan Januari.

Tahun lalu, penjualan bulanan kendaraan listrik diklaim stabil atau setidaknya 50% lebih tinggi dari bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Melihat data tersebut, setidaknya sebanyak 16 juta unit kendaraan listrik diperkirakan beraktivitas di seluruh dunia.

Baca juga: Triumph TE-1, Jadi Bakal Patokan Motor Listrik Performa Tinggi

Negara Cina diketahui memimpin pasar global dalam hal pertumbuhan volume kendaraan listrik dengan keuntungan besar, mencatat 3,4 juta unit penjualan pada 2021. Pihaknya menguasai 20% pasar tersebut

Pada 2021, kendaraan listrik menguasai 20% pangsa pasar di Cina pada bulan Desember, atau tercatat meningkat dari 7,2% ketimbang bulan Januari tahun ini. Sementara di Eropa, penjualan tumbuh menjadi 2,3 juta unit atau naik hampir 70%, dengan sekitar setengahnya terdiri dari plug-in hybrid (PHEV).