Triumph TE-1, Jadi Bakal Patokan Motor Listrik Performa Tinggi

Triumph TE-1, Jadi Bakal Patokan Motor Listrik Performa Tinggi Triumph Motorcycles TE-1 prototype

KabarOto.com - Kerjasama dalam pengembangan motor performa tinggi bertenaga listrik ditampilkan oleh Triumph Motorcycles dan Williams Advanced Engineering (WAE), berupa Triumph TE-1 prototype.

Adapun Triumph TE-1 prototype setelah berwujud, masih berlanjut ke tahap pengembangan di jalan dan sirkuit fasilitas Triumph selama enam bulan ke depan. Diklaim sebagai motor bergenre sport dengan baterai lebih ringan dari produk lainnya yang memang dikembangkan khusus oleh WAE.

Baca juga: Suzuki Katana Siap Diperkenalkan, Harga Rp200 Jutaan



Ditegaskan bahwa TE-1 prototype meski punya performa tinggi tapi unggulkan efisiensi penggunaan daya listik dan tentunya jarak tempuh menjadi pertimbangan. WAE membisikan bahwa spesifikasi sel dan modul beterai paling canggih yang pernah dibuat.

Meski baterai menguasai seluruh ruang frame tengah, namun TE-1 prototype ini tetap menyajikan pengendalian terbaik dengan distribusi bobot telah diperhitungkan. Begitu juga untuk pengisian baterai 15 kWh dibuat lebih cepat waktunya. 0-80% hanya perlu waktu 20 menit dengan sumber 360 volt.



Kekuatan puncak baterainya 170 kW atau setara 228 dk dan bila diajak melaju konsisten suguhkan 90 kW atau setara 120 dk.

Dibuatnya TE-1 prototype sebagai bagian dari ketetapan Automotive Council 2025, motor listrik ini akan menjadi benchmark bagaimana seharusnya motor listrik performa tinggi.



Triumph masih menyembunyikan spesifikasi TE-1, karena motor masih dalam pengujian. Triumph CEO Nick Bloor, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan kolaborasi terbaik dari perusahaan Inggris.

"Tak sabar rasanya ingin melanjutkan karya ambisius dan inovatif dari TE-1 dengan melakukan pengujian sebenarnya dan berbagi dengan para penggemar setia di seluruh dunia," Bloor.



Dyrr Ardash, Head of Strategic Partnerships, Williams Advanced Engineering menyambung kata pengujian yang berlangsung enam bulan ke depan, tapi dirinya mengakui sudah terkesima dengan wujud motornya.

Baca juga: Indian Scout Rogue 2022, Motor Bobber Bergaya Sport

"Kerjasama dengan tim di Triumph, kita berlanjut melampaui batas kemampuan teknologi baterai, membuat pengendara selalu kepikiran," ujar Ardash. "Apalagi kita mengembangkan baterai dari awal, desain lebih beda dan bisa memaksimalkan potensi terapan teknologinya, suguhkan performa dan paling penting, jarak tempuh," tambahnya.