POPULAR STORIES

Penjualan Mobil Tahun 2019 Diprediksi Stagnan, Hanya 1,1 Juta Unit

Penjualan Mobil Tahun 2019 Diprediksi Stagnan, Hanya 1,1 Juta Unit

KabarOto.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil di tingkat domestik akan stagnan di angka 1,1 juta unit pada tahun ini, sedikit turun dari tahun lalu yang tercatat sebanyak 1.151.291 juta unit.

Baca Juga: Unjuk Kekuatan Industri Otomotif Indonesia, Gaikindo Gelar Dua Pameran

"Tahun ini Gaikindo masih menargetkan angka penjualan 1,1 juta unit. Kita pasang target moderat atau konservatif. Penjualan otomotif cenderung stagnan di 1,1 juta unit karena pertumbuhan ekonomi juga stagnan di level 5 persen," ujar Ketua 1 Gaikindo, Jongkie Sugiarto dalam media briefing di Jakarta, Kamis (24/1).

Tahun ini Gaikindo masih menargetkan angka penjualan 1,1 juta unit

Jongkie mengungkap, ada banyak faktor yang memengaruhi penjualan domestik pada tahun politik. Mulai dari nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, inflasi, ketidakpastian ekonomi global, harga bahan bakar minyak (BBM), dan sejumlah faktor lainnya.

Baca Juga: Gaikindo Yakin Penjualan Mobil Tahun Ini Stabil

"Semoga suku bunga nggak naik lagi, supaya penjualan nggak turun. Sebab, 70 persen penjualan melalui leasing," ungkapnya. Namun diluar angka penjualan, pertarungan industri otomotif tahun ini akan sengit. Karena beberapa produsen mobil asal Cina seperti Wuling, diawal tahun ini meluncurkan model SUV yang diberi nama Almaz.