POPULAR STORIES

Penjualan Oli Di Indonesia Naik 42 Persen, Motul Raih Penghargaan

Penjualan Oli di Indonesia Naik 42 Persen, Motul Raih Penghargaan Motul raih penghargaan, sebagai brand oli yang penjualannya naik signifikan (Foto: Motul)

KabarOto.com - Penjualan Motul di Indonesia tumbuh signifikan, rata-rata 42% dalam kurun waktu 2020 sampai 2022. Hasil itu membuat merek pelumas asal Prancis ini mendapatkan penghargaan sebagai Brand Choice Award 2023 untuk kategori pelumas sepeda motor.

"Khusus kategori oli motor, Motul mengalami pertumbuhan rata-rata 45% di periode yang sama," ujar Wellmart Purba, National Sales Director. Ini merupakan penghargaan ketiga diraih secara berturut-turut.

Baca Juga: Motul Indonesia Hadirkan Pelumas Untuk Motor-motor Premium

Penjualan Motul di tahun 2021 tumbuh 47%, kemudian tahun 2022 tumbuh 42%. Perkembangan penjualan ini terus berlanjut di tahun 2023. Perusahaan memperkirakan akan tumbuh di atas 30%.

Wellmart menambahkan, penghargaan ini mempertegas posisi Motul sebagai brand pelumas paling dicari konsumen di internet.

Pelumas Motul untuk motor besar (Foto: Motul)

Kemudian, Motul juga mengklaim mendominasi penjualan produk dan rating, serta review positif hampir di seluruh platform marketplace.

"Positioning tersebut memberikan kemudahan kepada konsumen untuk kemudian memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka," lanjut Wellmart.

Meningkatnya angka penjualan Motul, seiring dengan pesatnya pertumbuhan sepeda motor di Indonesia, yang didominasi oleh skuter matik. Mereka punya oli Scooter Series, seperti Motul Scooter LE, Scooter Expert LE dan Scooter Power LE.

Tersedia juga pelumas untuk motor harian dan balap, membuat brand ini mensupport ajang balap WSBK. Varian Ester Series sudah sangat terkenal dan diakui sejak era awal 90-an.

Brand Choice Award 2023 untuk kategori pelumas sepeda motor.

Sementara itu, Luthfi Ilhami selaku Managing Director Indonesia menjelaskan, selama tiga tahun terakhir, Motul Indonesia terus berusaha meningkatkan Brand Awareness, fokus di digital channels.

Respon positif juga dikemukakan oleh pelanggan lama dan baru, dengan kualitas produk Motul. Respon positif ini telah melipat gandakan persepsi positif terhadap brand Motul.

Sebagai informasi, Brand Choice Award 2023 digagas oleh Tras N Co Indonesia, bekerjasama dengan Infobrand.id. Mereka melakukan riset Brand Choice Index periode Januari - Maret 2023. Dilakukan terhadap 350 kategori produk dengan lebih dari 3.000-an brand.

Baca Juga: Uji Pelumas Berkualitas, Motul Scooter Series Diuji Ratusan Km Bali-Lombok

Penilaian berdasarkan pada 3 parameter yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect.