POPULAR STORIES

Penjualan Suzuki Meningkat, Tempel Honda Bulan Juni 2020

Penjualan Suzuki Meningkat, Tempel Honda Bulan Juni 2020

KabarOto.com – Seiring pulihnya kegiatan masyarakat sehingga rencana pembelian kendaraan roda empat mulai terealisasi, membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan penjualan retail (dealer ke konsumen) sebanyak 4.206 unit dan wholesales (pabrik ke dealer) 2.755 unit pada bulan Juni 2020.

Melansir data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hasil penjualan Suzuki bulan Juni lebih baik dibandingkan Mei yang hanya 779 unit (wholesales) dan 2.205 unit (retail).

Baca Juga : Honda Suntik Mati Civic Dan Fit Di Amerika Serikat

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS menyatakan, banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

Dirinya menambahkan, mobil-mobil Suzuki memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antar penumpang, dan kompartemen yang banyak untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan.

"Hal tersebut menjadi pendorong pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9% di bulan Mei menjadi 14,1% pada bulan Juni,” terang Donny.

Sepanjang Januari hingga Juni 2020, penjualan mobil domestik di Indonesia mencapai 290.597 unit. Toyota masih menjadi market leader dengan penjualan sebanyak 92.965 unit disusul oleh Daihatsu sebanyak 53.577 unit, dan Honda 40.812 unit.

Sementara itu, Suzuki menempel Honda di posisi keempat dengan penjualan sebanyak 34.536 unit, selisih 6.249 unit dari realisasi penjualan retail dari kedua produsen mobil asal Jepang tersebut. Tepat di bawah Suzuki, ada Mitsubishi mengisi posisi kelima lewat torehan angka 26.778 unit kendaraan roda empat yang terjual.