POPULAR STORIES

Penjualan Terbanyak, Pemerintah Anggap Saatnya Masyarakat Beralih Ke Kendaraan Listrik

Penjualan Terbanyak, Pemerintah Anggap Saatnya Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik Kipli

KabarOto.com - Pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Di sisi lain, pemerintah menganggap, kenaikan harga BBM dapat menjadi momentum masyarakat untuk beralih ke kendaraan rendah emisi.

“Meningkatnya minat masyarakat ke kendaraan rendah emisi juga dapat mengurangi konsumsi BBM dan melakukan diversifikasi energi. Sehingga dapat mengurangi ketergantungan Indonesia akan harga minyak global,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, Rabu (14/09).

Baca juga: 3.589 SPK Di GIIAS 2022, New Mitsubishi Xpander Paling Laris

Taufiek melanjutkan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan GIIAS, yang memberikan informasi dan edukasi kepada para pengunjung tentang keunggulan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Pada penyelenggaraan GIIAS 29th di ICE BSD beberapa waktu lalu, terdapat tren kenaikan yang cukup signifikan dari masyarakat yang tertarik untuk memiliki kendaraan teknologi elektrifikasi (EV),” paparnya.

Baca juga: GIIAS 2022 Diklaim Sukses Sampaikan Pesan Masa Depan Otomotif

Besarnya animo masyarakat tersebut dapat terlihat dari terjualnya 1.594 unit kendaraan xEV dengan rincian 1.274 unit BEV/ KBLBB dan 320 unit kendaraan hybrid. Penjualan ini jauh lebih besar daripada penjualan EV selama satu tahun periode di tahun 2021.

Kemenperin juga memberikan apresiasi pada gelaran GIIAS ke-29, yang tercatat dihadiri hingga 385 ribu pengunjung dengan jumlah transaksi sebesar Rp 11,74 triliun untuk pembelian sebanyak 26.658 unit kendaraan. Capaian ini merupakan rekor tertinggi sepanjang terselenggaranya GIIAS.