POPULAR STORIES

Penjualan Wuling Air Ev Merosot Tajam, Konsumen Menunggu Subsidi Pemerintah

Penjualan Wuling Air ev Merosot Tajam, Konsumen Menunggu Subsidi Pemerintah Wuling Air ev (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Wuling Air ev menjadi salah satu mobil listrik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Alhasil, banyak konsumen yang menunda pembelian agar mendapat potongan harga.

Melansir data Gaikindo, wholesales (distribusi pabrik ke diler) Wuling Air ev bulan Februari 2023 mencatatkan angka 83 unit. Padahal, angka wholesales pada bulan Desember 2022 mencatatkan 2.100-an unit, sedangkan Januari 2023 hanya 35 unit. Penurunan angka penjualan ini, diduga karena banyak masyarakat menunda untuk membeli mobil listrik.

Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, mengatakan beberapa konsumen menunda untuk membeli mobil. Namun, itu bukan satu-satunya penyebab penjualan Wuling Air ev turun drastis.

Baca Juga: Bawa Lini Produk Lengkap, Wuling Motors Tawarkan Promo Menarik Di GJAW 2023

Wuling Air ev menerima subsidi pemerintah

"Banyak faktor sebenarnya, mungkin subsidi menjadi salah satunya. Tapi penyebab paling besar adalah kita banyak libur. Januari ada libur Imlek dan tahun baru. Ada juga konsumen yang menunda," jelas Dian saat ditemui di GJAW 2023, Jum'at (10/3).

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev menjadi dua mobil listrik yang mendapatkan subsidi Pemerintah. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, kedua kendaraan telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan, yakni memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%.

Baca Juga: Hasil Kolaborasi Wuling Dan Seniman Gardu House

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik dan hybrid sepanjang 2022 mencapai 15.437 unit.

Tercatat mobil listrik berhasil terjual 10.327 unit tahun lalu. Sedangkan 2021 hanya berada di angka 685 unit. Dari data tersebut diketahui Wuling Air ev Long Range menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 6.859 unit.

Varian Standar Range mengukuhkan angka 1.194 unit. Sementara itu, Hyundai Ioniq 5 Signature Extended terjual 1.517 unit.