Penting Nih! Cara Menghindari Modus Penjualan MBtech Palsu

Penting Nih! Cara Menghindari Modus Penjualan MBtech Palsu Jok mobil yang menggunakan bahan MBtech (KO/Edo)

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang memiliki kegemaran memodifikasi mobil, khususnya pada bagian interior, pasti akrab dengan nama merek material pelapis yang satu ini, yaitu MBtech.

Seperti diketahui, sejak pertama kali hadir di tahun 2002, MBtech dikenal sebagai bahan pelapis sintesis yang berkualitas. Namun kini banyak beredar produk MBtech yang diragukan keasliannya.

Baca Juga: Harga Makin Terjangkau, MBtech Hadirkan Produk Terbaru Giorgio

Agar sobat KabarOto tidak terkecoh, Edi Pamungkas, Digital Creative Division Manager PT Polystar International memberikan gambaran modus-modus yang sering dilakukan untuk mengelabui calon konsumen serta tips cara menghindarinya:

1. Menawarkan bahan dengan tekstur dan warna yang sangat mirip MBtech asli

Belakangan ini telah banya beredar produk lokal yang diproduksi dengan teskstur serta varian warna sama dan mirip MBtech yang ditawarkan sebagai MBtech asli, namun kenyataannya bahan yang digunakan bukan asli.

Seiring berjalannya waktu, makan dalam beberapat bulan akan terlihat perbedaan kualitas bahannya, seperti bahan menjadi kering dan mudah pecah/retak bahkan terkelupas, warna menjadi pudar dan bahan menjadi cepat kendur.

Hati-hati dengan bahan palsu yang mirip dengan asli

2. Menawarkan MBtech palsu dengan istilah KW1 dan KW2

Ada pula ulah beberapa okum tidak bertanggung jawab dan mencoba mengecoh konsumen dengan menawarkan MBtech palsu dengan memakai istilah MBtech KW1 atau MBtech KW2 dengan harga lebih murah.

"Perlu diketahui bahwa MBtech tidak pernah menjual produk KW1 atau KW2. Karena semua produk MBtech yang dipasarkan hanya memiliki 1 kualitas saja," ujar Edi kepada KabarOto.

MBtech hanya menyediakan satu kualitas produk

3. Mencampur bahan MBtech asli dengan produk lainnya yang mirip

Dalam hal ini ada beberapa oknum yang 'nakal' dengan mencampur/mengkombinasikan bahan MBtech asli dengan bahan produk lainnya yang mirip dan lebih murah agar bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

Umumnya dalam hal tersebut bahan MBtech asli hanya digunakan untuk bagian yang biasa diduduki(seating parts) saja. Sedangkan bagian lainnya menggunakan bahan produk lain yang mirip.

Baca Juga: Modifikasi Interior Elegan Dari Suzuki Ertiga, Curi Perhatian Juri IAM MBtech Award 2019

Untuk menghindari modus penipuan tersebut, Edi juga menyarangkan agar para konsumen lebih berhati-hati dan waspada dalam memilih seat maker agar tidak tertipu.

"Setiap bahan pelapis MBtech asli selalu terdapat cetakan logo-logo MBtech pada bagian belakang bahannya," jelas Edi. Selain itu, pria ramah tersebut juga menghimbau agar konsumen tidak mudah tergiur oleh iklan-iklan penawaran murah.

Tak kalah penting adalah minta jaminan keaslian dari seat maker dengan memberikan stempel "Bahan yang digunakan dijamin asli 100% full MBtech asli" pada kwitansi pembayaran, sehingga bila suatu saat diketahui bahan yang digunakan bukan MBtech asli, maka konsumen dapat meminta pertanggung jawaban.