POPULAR STORIES

Penting, Perhatikan Ini Sebelum Mudik Gunakan Motor

Penting, Perhatikan Ini Sebelum Mudik Gunakan Motor Banyak hal yang mesti diperhatikan sebelum mudik menggunakan motor (Foto: Astramotor)

KabarOto.com - Mudik menggunakan sepeda motor menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Indonesia. Selain hemat biaya, mudik menggunakan sepeda motor dinilai cukup menyenangkan karena bisa langsung menikmati suasana perjalanan secara langsung.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora, Demmy Firmansyah mengatakan mudik menggunakan sepeda motor dengan jarak dekat maupun jauh harus tetap memperhatikan keselamatan berkendara.

Baca Juga: Servis Motor Sebelum Mudik, Dapat Hadiah Menarik

Pertama yang harus dilakukan oleh pemudik ketika melakukan perjalanan jarak jauh adalah mempersiapkan perlengkapan berkendara. Diantaranya helm, jaket, sarung tangan, masker, celana panjang, jas hujan dan sepatu untuk memproteksi diri dari segala bahaya di jalan raya.

"Saat menggunakan sepeda motor wajib memperhatikan keamanan agar terhindar dari potensi bahaya kecelakaan,” jelas Demmy.

Persiapankan rute terbaik sebelum mudik menggunakan motor (Foto: DAM)



Kedua, pengendara wajib mempersiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Menentukan rute perjalanan bisa menggunakan smartphone, dengan demikian perjalanan jauh saat mudik akan lebih efektif dan efisien.

Dengan mengetahui rute perjalanan, pengendara bisa menentukan titik-titik peristirahatan ketika berkendara. Melakukan istirahat ketika perjalan jarak jauh sangat penting untuk dilakukan agar membuat kita fokus saat berkendara. Dalam kurun waktu maksimal 2 jam kita harus melakukan istirahat untuk mencegah terjadinya kelelahan saat berkendara.

Kelelahan saat berkendara merupakan salah satu penyebab dari terjadinya kecelakaan, jika pengendara melakukan perjalanan di bulan Ramadhan, dan berpuasa, maka istirahat sangatl penting karena bisa kekurangan cairan dan membuat kita semakin lelah saat berkendara.

Ketiga, saat membawa barang agar tidak melebihi kapasitas. Jika menggunakan tas punggung, maka harus memastikan bahwa tas punggung tidak melebihi bahu dari pengendara agar terlihat oleh pengendara lain.

Baca Juga: Perjalanan Mudik Jakarta-Semarang Bisa Lebih Dari 7 Jam

“Disarankan apabila membawa barang yang nantinya akan mengganggu pengendara lain, maka lebih baik menggunakan box tambahan di belakang motor," terang Demmy lagi. Atau menurut dia, bisa menggunakan tas khusus yang berada di tangki motor untuk pengguna motor sport.