POPULAR STORIES

Pentingnya Merawat Rem Sepeda Motor

Pentingnya Merawat Rem Sepeda Motor sistem rem (Dok. Kabaroto/Noza)

Kabaroto.com - Sistem pengereman pada sepeda motor, merupakan hal yang sangat penting dan wajib di perhatikan. Rem merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menahan lajunya sepeda motor. Memperlambat perputaran roda sampai dengan berhenti.

Baca :

Untuk kondisi Rem yang ada pada sepeda motor, sebenarnya tergantung bagaimana cara kita dalam merawatnya. Apa bila kita mengabaikannya tentunya akan mengancam keselamatan diri kita sendiri dan orang lain.

Sistem pengereman pada sepeda motor umumnya mempunyai dua sistem, yakni sistem Rem Cakram (Disc Brake), dan sistem rem tromol (Drum Brake). Fungsi dari kedua sistem rem di atas mempunyai fungsi yang sama, namun hanya cara kerjanya saja yang berbeda dan tentunya cara merawatanya pun berbeda, Admin akan mengulas sesuai dengan sistem dan cara kerjanya.

sdgs
Caliper cakram wajib dibersihkan

Merawat sistem rem cakram (Disc Brake) sangat sederhana sekali dalam merawat sistem Rem jenis Cakram ini, yaitu dengan cara :

  • Perhatikan kelayakan kanvas rem, seperti ketebalanya
  • Periksa level (Fluida) minyak Rem
  • Periksa selang Rem
Tiga poin dia atas merupakan perawatan berkala saja, lakukan perawatan berkala tersebut di setiap 3 bulan sekali. Satu hal penting yang perlu di ingat, bila saat berasamaan dengan pergantian Kanvas rem cakram tersebut lakukan pembongkaran total pada caliper rem-nya, agar kita dapat membersihkan piston dan membersihkan kotoran yang sering mengendap pada kaliper. Jangan lupa membersihkan Pin, serta memelumasinya dengan gress atau gemuk, agar gerak bebas caliper optimal.
Kemudian untuk merawat sistem rem tromol ini hal yang harus di lakukan ialah dengan cara membuka roda sehingga Kanvas dan Tromol terlihat, rem tromol juga perlu perhatian khusus yaitu dengan cara :
  • Memperhatikan kelayakan kanvas rem, seperti ketebalanya
  • Memperhatikan kenerja spring (perr) sepatu rem, serta cek kelayakanya
  • Membersihkan kotoran yang sering mengendap pada bagian dalam Tromol
  • Cek juga kelayakan dari Tromol
  • Perhatikan dan Cek Setut rem
Apabila semuanya baik-baik saja, sudah dapat di pastikan kinerja rem tromol akan prima serta maksimal. Lalu kendala yang sering terjadi pada rem tromol ialah setut dan spring (Perr) dari Rem Tromol tersebut tidak bekerja dengan baik, lakukan cleaning atau bersihkan kotoran yang mengendap pada sela-sela setut.