POPULAR STORIES

Perhatikan Ukuran Ban, Jangan Hanya Sekadar Tampilan Sesaat

Perhatikan Ukuran Ban, Jangan Hanya Sekadar Tampilan Sesaat Tampilan Ban Gendut (Dok. Kabaroto/Noza)

Kabaroto.com - Mengganti ukuran ban yang berbeda dari standar pabrikan, sering dilakukan oleh para bikers untuk mengubah tampilan pada tunggangannya.

Ada yang suka dengan tampilan ban gendut alias melebarkan ukuran ban, ada juga yang lebih suka mengecilkan ukurannya. Alasan tentunya sangat beragam. Namun, harus diingat ada resiko dari ubahan itu.

Baca :

ban
Tampilan Ban

Pabrikan ban dan sepeda motor, sudah memperhitungkan matang ukuran ban yang cocok untuk satu model motor. Apabila diubah ukurannya, harus ada pakem yang diikuti. Jiakalau tidak, ada perubahan dari kerja optimal ban," ujar Bro Mamet, bikers merangkap sebagai mekanik yang hobby menggonta-ganti ban dari ukuran ban bulat sampai ukuran kecil (ban cacing).

Bro Mamet juga menuturkan, idealnya ukuran ban bisa dilebarkan atau dikecilkan 1 step dari ukuran standar. Contohnya Honda Vario 150 yang ban belakang standarnya 90/90-14, bisa dinaikkan jadi 100/80-14 atau diturunkan ke 80/80-14.

Lebih dari itu bentuk ban akan menjadi tidak ideal jika dipasang di pelek standar Vario 150 yang punya lebar 2,15 inci. Secara kasat mata juga terlihat bedanya. Saat ukuran ban dinaikkan 1 step, kontur ban di pelek masih terlihat membulat.

Menaikkan atau menurunkan aspek rasio atau tinggi ban juga sama. Kita anjurkan cukup 1 step. Lebih dari itu akan berpengaruh ke handling. Kalau satu step juga berpengaruh, tapi masih bisa ditolerir.

Walaupun begitu, mengganti ukuran ban yang jauh lebih lebar atau kecil bukan tidak bisa. Sobat kabaroto bisa menerapkannya, asal ikut mengganti ukuran pelek yang lebih lebar atau kecil.

Dengan begitu, bentuk ban di pelek bisa tetap ideal dan memberikan cengkraman yang optimal ke aspal. Jangan lupa, ikut perhatikan juga posisi swing arm, rantai ataupun part lainnya.

Jangan sampai ban yang dan pelek yang kelewat lebar mentok ke part-part vital ini. Ingat, jangan asal pentingkan tampilan. Performa juga sangat penting dan dibutuhkan pada motor sobat kabaroto.

Namun, jika lebih dari 1 step kontur ban akan terlihat oval. Ini berpengaruh dengan area kontak ban dengan aspal. Dengan bentuk yang oval, kontak ban dengan permukaan aspal sekitar 20% saja. Padahal, idealnya kontak ban dengan aspal 40%, agar berkendara bisa aman dan nyaman.

Mengecilkan ukuran ban dengan ekstrim juga tidak dianjurkan. Memang, saat kondisi motor tegak, kontak antara ban dengan aspal jadi besar. Itu karena bentuk permukaan ban makin datar. Namun, ban akan kehabisan grip saat menikung. Sebab, saat menikung motor cenderung miring ke arah tikungan yang diinginkan.

Berita Terkait

Berita Terkait