POPULAR STORIES

Penurunan Permintaan Di 2023, Mitsubishi Fuso Pertahankan Capaian Positif

Penurunan Permintaan di 2023, Mitsubishi Fuso Pertahankan Capaian Positif Foto: KTB dan KabarOto

KabarOto.com - Tahun 2023 PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) kembali sukses mempertahankan pangsa pasar No. 1 untuk segmen kendaraan niaga. Dengan Mitsubishi Fuso Canter di kelas light duty truck (LDT) yang tetap menyumbang penjualan terbanyak.

Sebenarnya, penjualan 2023 mengalami penurunan permintaan hingga 9%, atau sebanyak 33.283 unit dan tetap menguasai market share sebesar 39,2%. Padahal tahun 2022 silam mencetak 38.367 unit.

Baca Juga: Bentuk Dukungan Mitsubishi Fuso Terhadap Industri Rantai Dingin

Aji Jaya saat menjelaskan strategi KTB di 2024

Penurunan utamanya ada di segmen LDT yang bergerak di perkebunan kelapa sawit. Kemudian medium duty truk (MDT) di sektor batu bara, hal-hal tadi dipengaruhi karena salah satunya adalah persiapan Pemilu 2024 yang memengaruhi pengusaha untuk berinvestasi.

Detail penjualannya dijelaskan oleh Aji Jaya selaku Sales & Marketing Director PT KTB, ia merinci di mana penyumbang terbesar penjualan tersebut berasal dari Canter di kelas light duty truck (LDT) sebanyak 29.062 unit dengan pangsa pasar 53%. Sedangkan di kelas medium duty truk (MDT), Fighter X mencatat pertumbuhan positif dengan pangsa pasar 18% atau sebanyak 4.179 unit.

"Dengan market share 39,2%, artinya dari tahun 70 sampai 2023, Fuso tetap menduduki posisi pimpinan pasar. Yang secara total untuk segmen LDT model Canter menorehkan total 53 persen, MDT 18 persen, naik 1 persen dibanding 2022," ujar Aji Jaya.

Itulah alasan utamanya, KTB merilis Canter Bus sebagai mikro bus yang menggunakan basis Canter sebagai tulang punggung penjualan.

Ia juga merinci jika penjualan spare parts mengalami kenaikan hingga 17% jika dibandingkan tahun 2022.

Tahun 2024, KTB menargetkan terus meningkatkan market share Mitsubishi Fuso menjadi 41% atau tumbuh sebesar 1,8% dengan total unit 34.850.

Baca Juga: Intip Spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter, Segera Meluncur di Indonesia

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter coba meneruskan tradisi kesuksesan Canter

“Kami akan mengusung strategi customer-first untuk mencapai target. Berkomitmen untuk selalu melakukan inovasi tidak hanya produk namun juga layanan dan teknologi terbaru sesuai untuk bisnis konsumen. Kami akan mendengarkan masukan dan menyediakan solusi bisnis yang tepat sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen," pungkas Aji Jaya.

KTB juga berencana meluncurkan truk listrik eCanter di GIIAS 2024, ini menjadi strategi penjualan masa depan truk LDT bagi KTB. Tahap awal penjualan akan dilakukan di wilayah Jabotabek, dengan target utama dari sektor bisnis logistik.

Dengan berbagai strategi baru ini, KTB bertekad untuk memperkuat posisinya sebagai distributor Mitsubishi Fuso di Indonesia dan terus memenuhi kebutuhan konsumen dari beragam sektor industri.