POPULAR STORIES

Penyebab Ban Benjol, Ini Cara Mengatasinya!

Penyebab Ban Benjol, Ini Cara Mengatasinya! Ilustrasi ban mobil benjol (Foto: Kabaroto/Auto2000)

KabarOto.com - Ban benjol tentu sangat mengkhawatirkan. Selain membuat berkendara menjadi tidak nyaman, tapi juga berbahaya dari sisi keselamatan.

Penyebab utama dari ban mobil benjol adalah tekanan udara ban yang kurang, ditambah menabrak benda keras seperti batu, trotoar, atau lubang jalan. Tumbukan keras ini akan menyebabkan dinding ban menekuk, terjepit antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba, lalu membuat anyaman benang pada dinding ban putus.

“Jangan pernah mengabaikan tekanan udara ban mobil meskipun jarang dipakai. Tekanan udara yang tidak sesuai standar menyebabkan berkurangnya kenyamanan dan beresiko pada keamanan berkendara,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Benjol atau tonjolan di dinding ban tidak langsung muncul saat ban masih kekurangan tekanan udara. Saat tekanan udara ban ditambah, udara akan mengisi rongga bekas benang yang patah dan muncul benjol di dinding ban.

Perawatan ban mobil dilakukan secara rutin

Pengendara akan merasakan seperti melewati jalan bergelombang terus menerus ketika salah satu ban benjol. Kekuatan ban juga berkurang karena benang penahannya sudah putus, cukup riskan jika kembali menabrak benda keras atau menahan bobot mobil saat muatan penuh.

Dalam jangka panjang, permukaan luar dinding ban dapat sobek. Akibatnya akan timbul karat yang semakin merusak dinding ban. Ban dapat meletus kapan saja ketika mendapatkan tekanan kerja yang berat.

Baca Juga: Tips Memilih Lampu LED Untuk Mobil Atau Motor

Tipsnya sederhana saja, yaitu menjaga tekanan udara ban sesuai rekomendasi pabrikan. Karena jika tekanan udara ban kurang, bisa menyebabkan keausan ban di kedua sisi luar, setir berat, hingga ban benjol saat menabrak benda keras.

Usahakan untuk mengecek tekanan udara ban mobil setidaknya seminggu sekali sesuai rekomendasi. Termasuk melakukan servis berkala di bengkel untuk melakukan pengecekan dan perawatan ban mobil.

Bagaimana jika sampai salah satu ban mobil dindingnya benjol? Langkah terbaik adalah menggantinya dengan ban baru. Dinding ban yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki lagi.