POPULAR STORIES

Mau Liburan Akhir Tahun Gunakan Motor? Perhatikan Ini Agar Aman Dan Nyaman

Mau Liburan Akhir Tahun Gunakan Motor? Perhatikan Ini Agar Aman dan Nyaman Pengendara sepeda motor memanfaatkan libur tahun baru untuk pergi ke tempat hiburan dan kampung halaman (Foto: WMS)

KabarOto.com - Libur akhir tahun jelang Natal dan tahun baru 2024 biasanya dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk pergi ke tempat hiburan di luar kota menggunakan sepeda motor. Namun, sebelum melakukan aktivitas tersebut, ada baiknya melakukan beberapa persiapan. KabarOto akan memberikan informasi mengenai hal tersebut.

"Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, mesin, ban, rem, kelistrikkan, seperti lampu-lampu serta spion," jelas Wahyu Budi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, kepada KabarOto.

Baca Juga: Penyebab Kunci Motor Macet Dan Cara Mengatasinya

Agar nyaman dan aman saat menggunakan motor, gunakan helm dan jaket serta sarung tangan (Foto: WMS)

"Kemudian kedua menurutnya, persiapkan rute yang akan dilalui, supaya perjalanan mudik jauh lebih efisien dan efektif," tambahnya. "Ketiga, berhentilah setiap 2 jam untuk istirahat, guna mencegah kelelahan, agar selalu fit dan terhindar dari kecelakaan," ucar Wahyu Budi.

Berikutnya, ketika berkendara jarak jauh, biasanya pengendara selalu membawa beberapa barang yang diperlukan. Jika menggunakan tas punggung, dipastikan ukurannya sesuai dengan bahu ukuran bahu pengendara, agar terlihat oleh pengendara lain.

Baca Juga: Penyebab Asap Putih Dan Hitam Keluar Dari Knalpot Motor

"Pastikan membawa jas hujan, sehingga kita siap menghadapi kondisi cuaca saat hujan," tambahnya lagi. Pesannya yang terakhir adalah menggunakan riding gear yang aman dan nyaman, serta gunakan helm standar SNI dan jaket.