Penyebab Terjadinya Kebakaran Mobil

Penyebab Terjadinya Kebakaran Mobil Mobil terbakar di kawasan Pondok Indah, jakarta Selatan (Foto: instagramtmcpoldametro)

KabarOto.com - Beberapa waktu terakhir kebakaran menimpa dua buah mobil di jalan raya. Mobil pertama diketahui Suzuki Ertiga dengan nomor polisi B 2470 KOV terbakar di Tol Tegal Parang, Jakarta selatan.

Selain itu, sebelumnya ada Ford Mustang Shelby GT500 terbakar di jalan raya Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Baca juga: Jadi Regulasi 2021, Mobil Apa Saja Yang Sudah Dilengkapi Alat Pemadam Kebakaran Standar Pabrik?

Lalu apa penyebab terjadinya kebakaran pada sebuah mobil? Sony Susmana, Training Safety Defensive Consultant (SDCI) mengatakan, banyak faktor yang membuat mobil terbakar.

Mobil terbakar di kawasan Gatot Subroto Jakarta Selatan (Foto: Instagram tmcpoldametro)

"Tapi faktor terbesar biasanya modifikasi yang tidak terukur," terang dia. Modifikasi yang tak terukur menurut dia dilakukan bukan oleh ahlinya, sehingga terjadi konslet kelistrikan.

Faktor lain yang menyebabkan terbakar adalah bocornya sumber bahan bakar. "Panas mesin yang berlebihan dan bahkan juga adanya komponen yang mudah terbakar dan berada di ruang mesin," terangnya lagi.

Sementara itu, Bambang Supriyadi, Teknik Division Astra Daihatsu Motor (ADM) juga menyatakan, kasus terbakarnya mobil tidak bisa diasumsikan, harus dilakukan investigasi.

Baca juga: Cuma Di IIMS Hybrid 2021, Mobil Pemadam Kebakaran Mini Harganya Rp1,3 Miliar

Namun dia tak menampik juga, salah satu faktor penyebabnya adalah modifikasi kelistrikan. "Misalkan jumper kabel, pasang audio, fog lamp dan sebagainya," terangnya.