POPULAR STORIES

Perang Harga Varian Terendah LMPV Di Indonesia, Semua Transmisi Manual

Perang Harga Varian Terendah LMPV di Indonesia, Semua Transmisi Manual Low MPV yang dipasarkan di Indonesia (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Segmen kendaraan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) merupakan salah satu paling laris di Indonesia. Kapasitas penumpang hingga tujuh penumpang dan harga yang mungkin paling terjangkau, menjadi alasan kuat untuk konsumen membeli mobil di segmen ini.

Biasanya LMPV ini menjadi jenis mobil yang paling banyak dibeli oleh pembeli mobil pertama, khususnya keluarga yang baru memiliki anak.

Langsung saja, di segmen ini terdapat persaingan yang cukup ketat. Catat saja pemainnya ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan pemain baru Hyundai Stargazer.

Nah, berdekatan dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, KabarOto akan menyajikan komparasi data dari kelima model LMPV yang dipasarkan di Indonesia. Sebagai catatan, ini adalah varian termurahnya ya, Sob!

Baca juga: Toyota Hilux Revo Single Cabin Dibekali Transmisi Otomatis

New Mitsubishi Xpander

New Mitsubishi Xpander

Varian termurah New Mitsubishi Xpander adalah tipe Exceed MT yang dibanderol Rp 266.700.000 dan meluncur di Indonesia pada 8 November 2021. Kehadiran opsi transmisi manual (MT) untuk memenuhi permintaan pasar, akan kebutuhan kendaraan fleet di Indonesia.

Desain eksterior terlihat lebih futuristik jika dibandingkan dengan Xpander sebelumnya. Hal tersebut dapat terlihat dari desain grill depan yang baru dan modern dikombinasikan dengan desain lampu utama bergaya T-Shape.

Mitsubishi Xpander varian termurah mempunyai panjang 4.595 mm, lebar 1.750 mm, serta tinggi 1.750 mm. Sementara untuk ground clearance-nya 220 mm.

Area kabin tampilannya lebih elegan yang mengusung kombinasi dua warna yang apik, hitam dan dark beige. Head unit dengan ukuran 7 inci model layar sentuh terkoneksi dengan ponsel serta dapat memutar radio, USB player, koneksi Bluetooth, serta voice recognition.

Soal performa, New Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4 silinder DOHC 16 valve MIVEC berkapasitas 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 141 Nm.

Baca juga: Ini Perbedaan Hyundai Palisade Facelift Dengan Sebelumnya

All New Toyota Avanza

Toyota Avanza

All New Toyota Avanza varian termurah adalah tipe E yang dibanderol Rp 233.100.000. Melansir laman resmi Toyota, tipe termurah ini menggunakan mesin 1NR-VE 4 silinder 16 katup DOHC berkapasitas 1.329 cc dengan teknologi Dual VVT-i dan transmisi manual. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 96 dk dan torsi 121 NM.

Kendaraan yang dulu dikenal sebagai mobil sejuta umat ini mengalami ubahan yang signifikan mulai tampak depan, samping dan belakang. Apalagi Toyota juga kini menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Soal keselamatan, Toyota Avanza baru ini dibekali Dual SRS Airbags untuk pengemudi dan penumpang depan. Kemudian sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

Selanjutnya fitur penting lain seperti Vehicle Stability Control (VSC) untuk membantu mobil tetap melaju dengan aman di jalan licin juga sudah ada. Lantas Hill Start Assist (HSA) yang mencegah mobil merosot pada saat akan start dari kondisi jalan menanjak pun juga sudah ada di Avanza 1.3 E MT ini.

Sayangnya untuk tipe E, anak kuncinya masih model biasa belum dilengkapi immobilizer bahkan alarm. Kemudian belum tersedia juga foglamp, sersor parkir, maupun rear camera. Jangan harpa juga fitur keselamatan advance seperti Toyota Safety System (TSS) sudha tersemat di Avanza tipe terendah ini.

Baca Juga : Ulasan LMPV Varian Tinggi Yang Bakal Mejeng Di GIIAS 2022

All New Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia

All New Daihatsu Xenia 1.3 M MT menjadi varian termurah, dengan harga Rp 216.900.000.

Kembaran Toyota Avanza resmi diperkenalkan ke publik secara resmi di GIIAS 2021. Baik tampilan eksterior maupun interiornya didesain ulang agar memberikan kesan lebih segar dan futuristik.

All New Xenia hadir dengan pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc, keduanya memiliki lekukan bodi yang sama, hanya saja detilnya sedikit berbeda. Di mana untuk versi 1.5, ada aksen merah panjang membentang dari lampu hingga gril. Sementara versi tertinggi 1.3 R ADS dilengkapi satu set bodykit baik lips depan, sideskirt samping, hingga diffuser belakang.

Ukurannya sedikit membengkak ketimbang sebelumnya, panjangnya jadi 4.395 mm, lalu lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sumbu rodanya 2.750 mm, dan ground clearance sekitar 205 mm.

Jantung mekanisnya dibekali mesin 1NR berkapasitas 4 silinder DOHC 1.300 cc dengan output 97,9 dk dan torsi maksimal 121 Nm. Lalu ada 2NR bekapasitas 4 silinder DOHC dual VVTi 1.500 cc, punya tenaga 106 dk dan torsi 138 Nm. Sekarang transmisinya memakai CVT lengkap triptronik dengan penggerak roda depan.

Masuk ke interior, varian keduanya masih menggunakan bahan plastik keras untuk beberapa bagian trim, warna 1.3 full hitam serta aksen merah, dan 1.5 punya aksen abu-abu dan aksen merah. Joknya masih memakai bahan fabric namun cukup sporty karena dibalut warna hitam dan jahitan merah. Serta tenang apabila baterai smartphone habis, sebab Xenia memiliki power outlet cukup banyak sekitar empat titik, dua depan dan dua belakang.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Dan Syarat Masuk GIIAS 2022

All New Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga

All New Ertiga adalah mobil keluarga andalan dari Suzuki. Varian GA MT menjadi tipe termurah dengan banderol Rp 225.100.000.

Soal performa, All New Suzuki Ertiga mengandalkan mesin K15B 4 silinder DOHC VVT berkapasitas 1.462 cc, mampu menghasilkan tenaga sebesar 104 dk dengan torsi sebesar 138 Nm.

Kini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah memperkenalkan All New Ertiga Hybrid dalam empat model, SS-AT dibanderol Rp 292.300.000, SS-MT Rp 281.300.000, GX-AT Rp 281.300.000 dan GX-MT Rp 270.300.000.

Mengusung teknologi Suzuki Smart Hybrid yang mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery.

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Pilihan terkahir di segmen LMPV ini adalah Hyundai Stargazer yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. Varian termurahnya adalah tipe Active MT yang dibanderol Rp 243.300.000.

Hyundai Stargazer sebagai produk Multi Purpose Vehicle (MPV) yang dirancang khusus untuk Indonesia. Di mana, tampilan eksterior dari mobil tersebut menghadirkan desain dengan karakteristik yang dinamis, ekspresif, dan futuristis.

Mobil keluarga baru di Indonesia, kabarnya akan dibekali fitur Hyundai Smart Sense. Selain itu, terdapat juga fitur Connected Car Service andalannya yakni Hyundai Bluelink sebagai salah satu fitur unggulan Hyundai Stargazer.

Fitur utama yang dapat diandalkan untuk meningkatkan keamanan berkendara selama menggunakan Hyundai Stargazer adalah ACN (Auto Collision Notification), tombol SOS/Emergency Assistance, dan Roadside Assistance (RSA).