Perangkat Aerodinamika Baru KTM RC16 Buat Brad Binder Percaya Diri

Perangkat Aerodinamika Baru KTM RC16 Buat Brad Binder Percaya Diri Sumber Foto : Red Bull KTM

KabarOto.com – Pembalap tim Red Bull KTM, Brad Binder merasakan peningkatan performa KTM RC16 usai sesi tes MotoGP Mandalika 2022.

Pada musim 2021, tim pabrikan asal Austria itu tidak dapat tampil kompetitif dengan pabrikan lainnya. Melakoni musim ini tentu sangat kesulitan untuk meraih hasil terbaik. Selain tidak bebas melakukan pengembangan motor, perubahan ban dari Michelin juga menjadi faktor lainnya yang menyulitkan Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Baca juga: Aprilia Racing RS-GP 2022 Cepat Di Mandalika, Tapi Kurang Menggigit

Menutupi kesalahan sebelumnya, KTM membawa banyak material dalam tes pramusim yang digelar di Malaysia dan Indonesia. Selama tiga hari tes Mandalika, Binder mengungkapkan peningkatan performa RC16 yang membuatnya lebih percaya diri menghadapi musim baru.

“Di Sepang, kami menguji lebih banyak komponen. Ketika kami menemukan bagian yang tepat, tampaknya bekerja lebih baik. Tetapi, kami tidak menemukan setelan yang tepat, karena sangat berbeda dari tahun lalu. Positifnya, kami meninggalkan Sepang dengan mengetahui apa yang harus kami ubah. Dan, semua perubahan yang kami pertimbangkan tampaknya efektif,” ungkap Brad Binder.

Baca juga: Michelin Akan Bawa Ban Khusus Untuk MotoGP Indonesia 2022

Persiapan mengadapi musim baru, KTM menghadirkan perangkat aerodinamika baru dengan berbagai macam kombinasi yang bisa meningkatkan downforce di area depan. Perangkat ini juga dapat membuat motor memiliki keseimbangan lebih baik dan membantu mesin mengalirkan tenaga dengan baik.

“Kami telah membuat kemajuan di bagian depan. Saya bisa mengerem lebih keras (hard braking), tetapi juga bisa menjaga kecepatan. Saya pikir aerodinamika tidak akan berubah, kami akan mempertahankan paket terakhir yang kami uji. Perangkat aerodinamika ini benar-benar mengubah cara kerja motor dan bobot di setiap roda. Ada area tertentu yang bisa kami tingkatkan, setelah keluar dari tikungan saya masih bisa mendapatkan traksi. Tetapi terkadang ada saat saya mendapatkan sedikit daya cengkram,” tutup Binder.