Percaya Gak Kalo Ini Yamaha NMax?

Percaya Gak Kalo Ini Yamaha NMax? Yamaha NMax Custom (KO/Edo)

KabarOto.com - Yamaha NMax, boleh dibilang menjadi salah satu skuter matik yang saat ini cukup populer di Tanah Air. Selain ditunjang bodi yang besar, Yamaha NMax dikenal dengan kenyamanan posisi duduknya.

Desain tampilan standar NMax pun cukup menarik, banyak penggemar roda dua menjadikannya sebagai bahan modifikasi. Apalagi, di pasaran tersedia beragam aksesori, yang didesain khusus untuk NMax.

Baca Juga: Ini Yang Baru Di Yamaha NMax 2020

Mulai dari bergaya racing, hingga Thai look, semua dengan mudah didapat. Namun apa yang dilakukan oleh Atenx, dari Katros Garage ini sungguh di luar dugaan. Ia memodifikasi Yamaha NMax, dengan ubahan yang cukup radikal.

Tampang standar NMax sudah tak bisa dikenali

Bahkan, tampang asli NMax sudah tidak bisa lagi dikenali. "Bisa dibilang ini project idealis, dan secara tak langsung mau mengangkat pesan bahwa motor matik juga bisa dicustom. Bukan hanya sebatas pasang aksesori plug n play misalnya," kata Atenx.

Knalpot dengan cover custom

Ia mengaku, terinspirasi dari Yamaha TMax, yang telah dicustom oleh modifikator luar negeri. "Waktu itu saya pikir ini keren banget desainnya. Akhirnya saya coba cari motor matik yang dimensinya kira-kira pas. Ketemu lah dengan NMax," ujar Atenx kepada KabarOto.

Pengisian BBM masih di tengah

Menariknya, ia tetap menggunakan rangka asli dari NMax, meskipun ada penyesuaian di beberapa bagian. "Frame masih pake standar tapi dicustom aja. Ada beberapa bagian yang alami ubahan, ada yang ditambah. Tapi secara keseluruhan frame standar," jelas Atenx.

Ia menambahkan, perubahan paling mencolok terletak pada bodi. Pada NMax buatan tahun 2015 ini, Atenx mengganti seluruh bodinya dengan material pelat besi dan bentuknya dirombak total. Kaki-kaki standar pun kena gusur.

Suspensi belakang menggunakan monoshock

"Di depan, kita ganti sokbreker standar dengan up side down. Begitu juga di belakang, kita ganti menjadi monoshock. Selain itu, pelek aslinya yang ukuran 13 inci, diganti menjadi 14 inci dengan desain jari-jari," tutur Atenx.

Pelek jari-jari dengan motif unik

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun seperta motor seperti ini? "Biayanya mencapai sekitar Rp 20-30 jutaan dengan spesifikasi yang kurang lebih sama dengan ini," kata Atenx.

Ke depan, bila ada penggemar roda dua yang ingin Yamaha NMax nya dicustom seperti milik Atenx, ia telah menyiapkan bodi yang terbuat dari fiber.

Baca Juga: Seperti Ini Sosok Harley-Davidson Yang Diselundupkan Di Pesawat Garuda Indonesia

"karena ini produk pertama, kita masih pakai pelat. Next, bodinya bakal kita bikin pake fiber, biar lebih ringan, dengan waktu pengerjaan sekitar 2 bulan," ungkap pria ramah tersebut.

Jahitan jok terbilang rapih

Meski sudah dicustom, namun Atenx memastikan Yamaha NMax ini aman untuk digunakan. "Udah dites jalan, normal gak ada masalah. Motor matik sebenarnya memang cocok untuk orang Indonesia. Jadi sekaligus membuktikan, skuter matik bisa dicustom dan bisa dipakai harian juga," pungkas Atenx. Tertarik bikin sob?

Data Spesifikasi:

- Pelek Delkevic ukuran j14x3.00.
- Ban depan Maxxis ukuran 110/80-14
- Pelek belakang Delkevic ukuran j14x4.50
- Ban belakang Maxxis ukuran 140/70-14
- Upside down Vixion scarlet
- Sokbreker belakang Yamaha MX
- Lampu depan LED
- Lampu sein aftermarket
- Lampu stop aftermarket
- Body plat galvanis 1,2 mm
- Jok bahan MBtech Carrera black
- kopling rem hidrolik by Scarlet
- Spion by Scarlet