POPULAR STORIES

Percepat Kendaraan Listrik Dan Kembangkan Software, Daimler Pecah Perusahaan Jadi 2 Bagian

Percepat Kendaraan Listrik dan Kembangkan Software, Daimler Pecah Perusahaan Jadi 2 Bagian

KabarOto.com - Daimler merencanakan perubahan mendasar dalam strukturnya, yang dirancang untuk membuka potensi penuh bisnisnya menuju masa depan nol emisi, dan berbasis perangkat lunak.

Dewan Pengawas dan Dewan Manajemen Daimler hari ini setuju untuk mempertimbangkan usulan spin-off bisnis truk dan busnya dan memulai persiapan dalam mendaftarkan Daimler Truck secara terpisah di bursa saham.

Baca Juga: Daimler Laporkan Kondisi Keuangan Dan Bisnisnya

Artinya sebagian besar dari saham di Daimler Truck akan dibagikan ke para pemegang saham Daimler. Bisnis Daimler Truck akan memiliki manajemen yang sepenuhnya independen, tata kelola perusahaan yang berdiri sendiri termasuk Ketua Dewan Pengawas independen, agar bisa memenuhi syarat menjadi perusahaan yang terdaftar di indeks DAX.

Transaksi dan pencatatan Daimler Truck di bursa Frankfurt diharapkan selesai sebelum akhir tahun 2021. Selain itu, Daimler juga mengklaim berniat untuk mengganti nama menjadi Mercedes-Benz pada waktu yang tepat.

Baca Juga:Rayakan 50 Tahun, Ini Sejarah Singkat Daimler Commercial Vehicle (DCVI) Di Indonesia

“Hal ini merupakan momen bersejarah bagi Daimler. Ini merupakan awal dari penataan kembali perusahaan secara mendalam. Mercedes-Benz Cars & Vans serta Daimler Trucks & Buses adalah dua bisnis yang berbeda dengan kelompok pelanggannya masing-masing, arah pengembangan teknologinya sendiri dan juga kebutuhan modal yang spesifik,” kata Ola Källenius, Ketua Dewan Manajemen Daimler dan Mercedes-Benz.

Struktur transaksi yang dimaksudkan akan melibatkan Daimler yang memindahkan sebagian besar saham Daimler Truck kepada pemegang sahamnya secara rata sesuai dengan kepemilikan saham yang ada, meski tetap berencana untuk mempertahankan kepemilikan saham minoritasnya. Perwakilan Daimler di Dewan Pengawas Truk Daimler telah menyetujui rencana dekonsolidasi tersebut.