Perebutan Gelar Juara Dunia F1 2021 Makin Panas, Max Verstappen Siap Berjuang Di Abu Dhabi

Perebutan Gelar Juara Dunia F1 2021 Makin Panas, Max Verstappen Siap Berjuang di Abu Dhabi Sumber: F1 dan ExxonMobil

KabarOto.com - Persaingan antara Max Verstappen (Red Bull Racing) dengan Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas) makin ketat dan sengit, kejadian di Arab Saudi pada Minggu kemarin (05/12) menjadi bukti persaingan gelar juara dunia F1 2021 yang panas.

Verstappen mendapat penalti 10 detik karena menyebabkan tabrakan di tikungan 27 dengan Hamilton di F1 Arab Saudi, ditambah dua poin penalti.

Protagonis gelar terlibat dalam insiden aneh di lap 37 F1 Arab Saudi, ketika Verstappen yang diminta untuk mengembalikan keunggulan kepada Hamilton. Verstappen dianggap mendapatkan keuntungan keluar jalur lebih awal di tikungan 1, melambat untuk membiarkan Hamilton mendahuluinya.

Baca juga: Hasil F1 Arab Saudi 2021, Poin Lewis Hamilton Menyamai Max Verstappen

Insiden ketika Verstappen melambat dan Hamilton menabrak ban belakangnya

Verstappen menerima perintah radio untuk melambat dan membiarkan Hamilton melewatinya, namun kenyataannya Hamilton seperti tiba-tiba menghindari mobil depannya dan bagian sayap depannya menabrak ban belakang mobil pembalap Red Bull Racing tersebut. Verstappen menerima penalti lima detik untuk insiden Turn 1 sebelumnya, dengan kedua pembalap dipanggil ke steward untuk memo di Turn 27 ini.

Verstappen tidak lantas patah semangat dengan penalti yang diterimanya, ia tetap berusaha mengamankan posisi terbaik agar tetap berada di jalur perebutan juara dunia F1 2021. Menyelesaikan lomba diposisi dua merupakan usaha maksimal dari Verstappen, walaupun pada akhirnya harus menerima hasil poin yang sama dengan Hamilton di klasemen sementara pembalap F1, yakni 369,5 poin.

Persaingan panas antara Verstappen dengan Hamilton terlihat jelas selama balapan

Balapan di Sirkuit Jeddah berkali-kali Virtual Safety Car (VSC) keluar untuk mengawal lomba akibat insiden dan sempat ada bendera merah (red flag), walaupun pada akhirnya balapan tetap dilanjutkan dan menyelesaikan 50 lap. Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyampaikan apresiasinya. Ia menganggap Verstappen pemegang sementara titel juara dunia F1 2021, meski berbagai kendala dihadapi pembalap asal Belanda tersebut.

Baca juga: Mengenal Ban Slick Dan Basah Di Formula 1

“Penentuannya akan berlangsung di Abu Dhabi pada 12 Desember mendatang. Diharapkan di seri pamungkas F1 2021, Verstappen bisa membuat para konsumen kami di Indonesia bangga dan semakin yakin menggunakan dan juga membuktikan keunggulan pelumas Mobil,” ujar Pablo Conrad.

Pembalap Belanda ini siap bertarung habis-habisan di Abu Dhabi

Verstappen pada balapan di Arab Saudi menyesalkan insiden dengan Hamilton dan penalti tambahan hingga 5 detik. Ia tidak mengerti mengapa penalti tersebut diberikan dan merasa sudah melakukan memperlambat kecepatan dan membiarkan Hamilton melewatinya.

"Saya tidak setuju dengan penalti lima detik, tapi begitulah adanya dan kita lanjutkan saja. Kami tidak memiliki kecepatan yang sempurna dalam balapan hari ini, jadi itu sesuatu yang harus dikerjakan untuk melihat ke depan ke Abu Dhabi. Kami memiliki poin yang sama sekarang menuju balapan terakhir, ini akan menjadi akhir yang menarik untuk musim ini!” ujar Verstappen.

Rommy Averdy selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia berharap tim Red Bull Racing memiliki persiapan lebih matang untuk balapan penutup di Abu Dhabi pada Minggu depan. "Masih ada kesempatan untuk Red Bull Racing menjadi juara konstruktor dan Verstappen juga memiliki peluang menjadi juara dunia pembalap F1," ujarnya.

Baca juga: Apa Itu Selimut Ban Dan Fungsinya

Rommy juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung Verstappen dan Sergio Perez menghadapi balapan di Abu Dhabi, " Dan bersama-sama membuktikan keunggulan produk Mobil1 dan Mobil pada kendaraan Anda. Produk-produk tersebut tersedia di pasar Indonesia,” tambahnya.

Tahun ini, pelumas Mobil 1 telah hadirkan 3 varian baru yakni Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Masing-masing memiliki keunggulan, Mobil Super All in One Protection berteknologi full synthetic yang dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecules, Mobil Super Friction Fighter dengan lapisan Friction Fighter Molecules dapat melindungi mesin dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules memberikan perlindungan ekstra agar mesin awet untuk jangka panjang.

Klasemen sementara pembalap F1 2021

Posisi

Pembalap

Asal

Tim F1

Poin

1

Max Verstappen

Belanda

Red Bull Racing - Honda

369,5

2

Lewis Hamilton

Inggris

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

369,5

3

Valtteri Bottas

Finlandia

Mercedes-AMG Petronas - Mercedes

218

4

Sergio Perez

Meksiko

Red Bull Racing - Honda

190

5

Charles Leclrec

Monako

Scuderia Ferrari

158

6

Lando Noris

Inggris

McLaren - Mercedes

154

7

Carlos Sainz Jr

Spanyol

Scuderia Ferrari

149,5

8

Daniel Ricciardo

Australia

McLaren - Mercedes

115

9

Pierre Gasly

Prancis

AlphaTauri - Honda

100

10

Fernando Alonso

Spanyol

Alpine - Renault

77