POPULAR STORIES

Apa Itu Selimut Ban Dan Fungsinya

Apa itu Selimut Ban dan Fungsinya Sumber: Formula 1 dan Pirelli

KabarOto.com - Pada dunia balap Formula 1, ban dingin merupakan salah satu musuh pembalap, ban dingin sulit untuk mencengkram ban ke permukaan aspal atau lintasan. Akhirnya pembalap akan kesulitan mengendalikan tunggangannya.

Tire blankets atau selimut ban begitu para official tim menyebutnya, ditemukan oleh Mike Drury yang mengambil inspirasi selama balapan GP Eropa 1985 di Brands Hatch, Inggris.

"Saat itu bulan November dan sangat dingin dan saya melihat tim berusaha menjaga agar ban mobil tetap hangat dengan membungkusnya dengan selimut. Itu terpikir oleh saya, karena saya sudah berkecimpung dalam bisnis membuat jaket dan anorak tahan cuaca, bahwa inilah kesempatan untuk pendekatan yang lebih kreatif," jelas Drury.

Baca juga: Inilah Penyebab Ban Mobil Mengalami Keausan Tidak Merata

Ban dingin sulit memberikan traksi optimal di permukaan trek aspal

Pendekatan kreatif Drury akhirnya membuahkan hasil, setelah waktu yang dihabiskan meyakinkan tim bahwa pendekatan teknologi untuk suhu ban adalah jalan ke depan.

Sebenarnya pertama kali tire blankets ini digunakan pada 1974, saat balapan F1 di Kanada. Saat itu musim gugur dengan kondisi luar yang agak dingin. Banyak pembalap yang berjuang untuk mendapatkan cengkraman pada lintasan, berbagai upaya dilakukan. Salah satunya adalah tim McLaren, mengubah pit menjadi gudang pemanas dengan ban dililit dengan selimut.

Mike Drury membuat sebuah alat yang sederhana, sebuah selimut yang dikelilingi dengan gel konduktif pemanas. Plus sebuah kotak kontrol yang memungkinkan teknisi mengatur suhu. Selimut tadi melilit ban yang dapat memanaskan karet ban hingga lebih dari 100 derajat.

Baca juga: Begini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Ban yang sudah dibungkus pemanas bisa langsung digunakan

Tim teknisi akan bertanggung jawab atas ban yang akan digunakan, maksimal akan dipanaskan dalam waktu 2 jam. Temperatur ban mempengaruhi cengkraman ban ke permukaan, namun temperatur juga mempengaruhi tekanan ban. Di mana tekanan ban ini sama pentingnya dengan grip, jika rendah membuat pengendaraan lebih lembut dan keras membuat kaku.

Kepala tim teknis akan memastikan suhu ban tetap hangat atau panas, dan tugas tim teknis memantai kotak kontrol untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana.

Namun kelangsungan penggunaan tire blankets atau tire warmers ini kemungkinan akan ditiadakan penggunaanya, namun masih menunggu setelah aturan baku yang digodok selesai untuk musim mendatang.