Begini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Begini Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika Rencana pembangunan sirkuit Mandalika

KabarOto.com - Indonesia bakal punya Sirkuit bertaraf internasional. Ya, Mandalika yang lokasinya ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini mulai dilakukan pengerjaan sejak tahun 2019 lalu. Sampai saat ini, sirkuit yang akan digunakan untuk kegiatan balap internasional seperti World Superbike (WSBK), MotoGP bahkan Formula1 pengerjaannya sedang dikebut.

Lalu sampai sejauh mana pengerjaan sirkuit Mandalika? dari informasi yang dihimpun Instagram @themandalikagp, pengerjaan konstruksinya saat ini sudah mencapai 91,79%. Konstruksi yang saat ini sedang dikerjakan adalah pengaspalan lapisan akhir atau Stone Mastic Asphalt. Akhir Agustus 2021 nanti, pengaspalan tersebut akan selesai.

Baca Juga: Begini Reaksi Legenda MotoGP Usai Melihat Sirkuit Mandalika

Kemudian, akun tersebut juga menjelaskan, untuk progres pekerjaan lain di dalam lintasan seperti pengaspalan outer dan inner service road 98%, pengaspalan track lane 68%, pengaspalan run-off 37%, run-off gravel 99% dan run-off grass 98%.

Selanjutnya pekerjaan yang telah selesai 100% di antaranya tunnel utara dan tunnel selatan, juga pemasangan concrete barrier. Bangunan infrastruktur lainnya, juga hampir rampung.

Beberapa di antaranya adalah Race control sudah mencapai 83,75% dan pondasi pit building sudah mencapai 85,9%. Dengan kondisi saat ini, Sirkuit Mandalika sudah siap untuk dihomologasi.

Baca Juga: Resmi! Sirkuit Mandalika Masuk Jadwal World Superbike 2021

Selain itu, beberapa komponen penting dalam balapan telah selesai dikerjakan, di antaranya Medical Center Moduler dan Helipad. Dua bangunan ini pun telah selesai pengerjaannya, hanya memakan waktu sekitar satu bulan. Dua bangunan ini, dianggap penting dalam balapan, fungsinya untuk menangani dengan segera korban kecelakaan saat balapan berlangsung.