POPULAR STORIES

Peredam Buatan Silent Coat Ini Bikin Mobil Makin Nyaman

Peredam Buatan Silent Coat Ini Bikin Mobil Makin Nyaman Pemasangan peredam Silent Coat (Cartens)

KabarOto.com - Banyak pemilik mobil, yang memasang kaca film mahal guna mengurangi suhu panas di dalam mobil, khususnya pada siang hari. Tetapi, sebenarnya kaca hanyalah salah satu faktor penyebab panas di mobil.

Sebab, masih ada bidang mobil lain yang juga mempengaruhi. Seperti plafon, lantai kabin, pintu-pintu dan bodi mobil itu sendiri, dimana semua bagian tersebut menggunakan bahan metal, yang merupakan penghantar panas yang baik.

Baca Juga: VW Siapkan Mobil Listrik, Harganya Rp300 Jutaan

Nah, sebagai solusi, kini ada peredam mobil Silent Coat, yang selain dapat mengurangi panas, juga memiliki fungsi lain, salah satunya adalah mengurangi suara dari luar kabin mobil.

"Kita memiliki 3 jenis, yakni Vibro, Isolator dan Absorber," ujar Andreas Tjahjadi Business Development Director PT Audio Plus Indonesia. Lebih lanjut ia mengatakan, masing-masing produk memiliki kelebihan.

Vibro misalnya, dibuat untuk mengurangi getaran dengan menggunakan lem mastic yang semakin terkena panas, malah semakin lengket. Sehingga direkomendasikan untuk dipasang terbalik, seperti di plafon dan fender.

Meredam panas dan bising

Sedangkan Isolator, selain bisa digunakan untuk menahan panas, juga bisa digunakan untuk menahan kebisingan, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada pintu mobil dan bagian bodi bawah lainnya.

Masalah kebisingan di dalam kabin, bagi sebagian orang memang menjadi faktor penting, karena bisa membuat mobil menjadi kurang nyaman saat digunakan, akibat suara dari luar kabin yang masuk kedalam. Apalagi ditambah suara deru ban mobil yang juga ikut masuk.

Bila menggunakan isolator dirasa masih kurang, varian Absorber hadir untuk menyempurnakan daya redam. "Untuk Absorber, digunakan untuk menyerap kebisingan yang masih tembus setelah ditahan isolator," jelas pria yang akrab disapa Andre tersebut.

Baca Juga: Lamborghini Huracan Evo RWD Spyder, Siap Sambut Musim Panas

Dari hasil pengetesan tingkat kebisingan, untuk bagian plafon dari yang awalnya menghasilkan 74 db, setelah menggunakan peredam Silent Coat turun menjadi 59 db. Sedangkan untuk bagian lantai, dari yang awalnya 75 db menjadi 65 db.

Pemasangan pada pintu

Lantas, berapa harganya? "Untuk Vibro saja antara Rp 8 juta - Rp 10 juta, sedangkan Isolator Rp 10 juta - Rp 14 juta, terakhir Absorber Rp 11 juta - Rp 16 juta," jelas Andre kepada KabarOto.

Pria ramah itu juga menyebut, bahwa harga yang tertera akan sangat tergantung juga dari ukuran mobil. Tertarik pasang sob?

Berita Terkait

Berita Terkait