POPULAR STORIES

Perhatikan Ini, Agar Motor Tidak Cepat Turun Mesin

Perhatikan Ini, Agar Motor Tidak Cepat Turun Mesin Ganti oli menjadi salah satu cara agar mesin motor awet (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Motor berusia di atas 5 tahun rentan dengan aktivitas turun mesin. Biasanya, bengkel akan merekomendasikannya saat kondisi suku cadang di dalam mesin sudah tidak berfungsi dengan baik. Biayanya pun cukup mahal, karena hampir seluruh komponen pada mesin dibongkar dan diganti baru.

Namun ada cara untukk membuat motor lebih awet, dan tidak turun mesin dalam jangka waktu lima tahun, bahkan jika cara ini diikuti, usia komponen di mesin bisa lebih lama.

Baca Juga: Donasikan Sepeda Motor Dan Mesin, Yamaha Bikin Kelas Khusus Untuk Siswa SMK Di Bandung

Main diler Yamaha PT Thamrin Brothers meberikan informasi ciri-ciri motor harus turun mesin, di antaranya motor hilang tenaga, disertai suara mesin kasar dan knalpot keluar asap putih. Main diler ini juga memberikan cara agar motor tidak cepat turun mesin.

Mekanik memperbaiki motor konsumen (Foto: YIMM)

1. Rajin mengganti pelumas. Oli merupakan bagian terpenting dari motor, fungsinya mendinginkan suhu mesin, mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin, serta melapisi komponen supaya tidak korosi. Ganti oli maksimal 3.000 km atau 3 bulan pemakaian.

2. Mesin jangan di modifikasi. Pabrikan sudah mendesain spesifikasi mesin agar komponen mesin tahan lama. Perubahan spesifikasi mesin atau modifikasi sudah pasti akan mengurangi umur komponen di dalam mesin. Modifikasi juga akan menghilangkan garansi dari pabrikan.

3. Hindari genangan tinggi. Genangan air atau banjir tinggi harus dihindari, cari jalan alternatif. Karena jika melewati genangan air yang tinggi, dan kondisi mesin menyala, membutuhkan udara untuk pembakaran.

Jika motor melewati genangan air yang sejajar atau melewati filter udara, mesin akan menghisap udara sekaligus air. Jika air masuk sampai ruang bakar, maka akan menyebabkan water hammer, akibatnya piston rusak dan setang piston bengkok, sehingga turun mesin tidak dapat dihindari.

Baca Juga: Crighton CR700W, Motor Bermesin Rotari Hanya 25 Unit!

4. Servis motor secara berkala. Servis rutin juga harus dilakukan dengan teratur. Melakukan perawatan di bengkel resmi bisa mengetahui mengenai kualitas serta garansi yang diperoleh.