Perhatikan Ini Supaya Aman Di Jalan Saat LIbur Panjang Pekan Depan

Perhatikan Ini Supaya Aman di Jalan Saat LIbur Panjang Pekan Depan Kepadatandi jalan Tol Cipali

KabarOto.com - Akhir pekan ini adalah saat yang dinantikan oleh para pekerja di seluruh Indonesia, baik karyawan swasta atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena akan ada libur cuti bersama, dimulai pada 28 Oktober - 1 November 2020.

Setelah 6 bulan menjalankan aktivitas di rumah dan tidak bisa bepergian ke luar kota, akibat pandemik Covid-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentu sebagian besar masyarakat di Jabodetabek dan kota lainnya akan memanfaatkannya dengan pergi ke tempat wisata di luar kota, atau pulang ke kampung halaman.

Baca Juga: Harap Waspada, Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan Di Tol Jakarta-Cikampek

Jika Anda salah satu orang yang berniat untuk melakukan perjalanan liburan, ada hal yang harus diperhatikan agar terbebas dari kemacetan.

Jasa Marga akan batasi maksimal jumlah pengunjung di rest area

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, agar terbebas dari macet dan nyaman berada di jalan, jangan melakukan perjalanan saat puncak arus volume kendaraan. Diprediksi puncaknya ada di hari pertama libur panjang, yaitu 28 Oktober 2020. Hal itu bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Jasa Marga akan mengoptimalkan pelayanan di tempat istirahat. "Layanan akan kami berikan di berbagai fasilitas, menerapkan physical distancing dengan membatasi pengunjung," terangnya, Senin (26/10).

Kapasitas pengunjung juga dibatasi, maksimal 50%. "Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” terang Heru. Pihaknya juga akan menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan, bekerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama ini di antaranya melakukan rekayasa lalu lintas buka atau tutup tempat istirahat, dilakukan saat terjadi penumpukan kendaraan.

Heru meminta komitmen pengguna jalan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," tegasnya.

Baca Juga: Jasa Marga Catat, Ratusan Ribu Kendaraan Masuk Ke Jakarta

Heru menambahkan, jikalau memang harus berhenti di rest area untuk istirahat, untuk tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. "Pilih take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area,” tambah Heru lagi.