POPULAR STORIES

Perjalanan 30 Tahun Honda NSX

Perjalanan 30 Tahun Honda NSX Honda NSX generasi pertama (ist)

KabarOto.com - Menyambut usia ke-30 tahun, Acura kembali menampilkan mobil ikoniknya yakni Acura NSX generasi pertama yang pertama kali diluncurkan pada s1989. Mobil tersebut dipajang berdampingan dengan generasi terbaru Acura NSX, dalam pameran Chicago Auto Show 2019 yang berlangsung dari tanggal 9-18 Februari 2019.

Baca Juga: Honda Bocorkan Interior Mobil Listrik Yang Akan Meluncur

Kehadiran NSX generasi pertama yang digadang akan menjadi lawan tangguh bagi Ferarri ini, sekaligus mengulang debut pertamannya di gelaran yang sama pada 1989 silam.

Dikembangkan bersama Aryton Senna

Bila melihat kebelakang, pembuatan mobil mid engine Honda tersebut memang sangat spesial. Honda mengklaim, bahwa NSX dibuat dengan menawarkan performa yang tinggi namun tetap mempertahankan kenyamanan dan kemudahan penggunaan ala Honda.

Desain lampu yang menjadi tren di zamannya, mirip Ferarri Testarossa

NSX juga merupakan sport car yang menggunakan sasis monocoque aluminium pertama di dunia, dan dikembangkan dengan masukan dari pembalap F1 legendaris asal Brazil, Ayrton Senna.

Senna, mengatakan bahwa dengan menggunakan sasis aluminium, akan menambah tingkat kekakuan (rigid) mobil menjadi 50%. Mobil tersebut juga sempat diuji coba di sirkuit Suzuka Jepang, dan hasilnya lebih stabil saat dikendalikan.

Mesin berteknologi VTEC

Untuk bagian mesinnya, NSX generasi pertama telah mengalami beberapa kali penyempurnaan. Pengembangan Acura NSX pertama kali dilakukan pada Januari 1984 dengan menggunakan mesin SOHC 4 silinder. Tidak lama setelahnya, mesin tersebut diganti lagi untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Interior NSX lama, masih terlihat modern

Terakhir dibawah penelitian Tadashi Kume yang menjabat sebagai presiden Honda saat itu, ia menyematkan teknologi VTEC di dalam NSX.

Interior NSX baru

Hasilnya, mesin berkapasitas 270 hp 3.0 liter V6 naturally aspirated tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 270 dk. Karena mesin VTEC V6 memiliki ukuran yang besar, maka desain NSX sedikit berubah menjadi lebih panjang dan lebih lebar.

Baca Juga: Honda Brio Bakal Punah Di Negeri Hindustan Dalam Waktu Dekat

Saat ini, NSX terbaru tampil dengan sangat berbeda dengan pendahulunya, baik desain maupun teknologi yang disandangnya. Sport car yang juga dikenal dengan nama Acura NSX tersebut kini menggunakan Mesin 3.5 liter twin-turbocharged V6, yang digabung dengan motor listrik (hybrid) sehingga dapat menghasilkan tenaga sebesar 573 dk.

Lebih keren yang mana?

Tenaga yang besar tersebut disalurkan ke empat buah roda melalui transmisi dual clutch 9 percepatan (9 DCT), dan hadir dengan empat pilihan mode. Yakni Quiet, Sport, Sport+ dan Track Mode.

NSX generasi terbaru juga menggunakan bahan campuran yang menggunakan aluminium, baja, dan serat karbon dalam konstruksinya, bersama dengan peredam magnetorheologis.