Perjalanan UD Trucks Di Indonesia Berbuah Manis Di 2018

Perjalanan UD Trucks di Indonesia Berbuah Manis di 2018 Quester

KabarOto.com - UD Trucks Indonesia berhasil meraih hasil positif di tahun 2018 ini, pencapaian tersebut tak lepas dari komitmen kuat dalam memaksimalkan potensi sumber daya manusia. Pengaplikasian filosofi ‘Going The Extra Mile’ milik UD Trucks sukses membuktikan bahwa aspek sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling berpengaruh dalam mendukung kemajuan industri truk di Indonesia.

Valery Muyard, Presiden Direktur UD Trucks Indonesia, menjelaskan UD Trucks tidak hanya memperlihatkan fokusnya pada penyediaan produk-produk yang dapat diandalkan, namun juga berfokus pada pemberdayaan manusia yang turut berperan di industri tersebut.

"Salah satu aspek terpenting yang menjadi perhatian bagi UD Trucks adalah pengemudi yang juga merupakan dasar dari perancangan produk-produk truk UD yang mengutamakan kenyamanan pengemudi," ujar Valery.

Kenyamanan bagi pengemudi itu tersebut tertuang melalui fitur dan teknologi yang tersemat seperti rem angin yang andal dengan rem tromol S-cam berkinerja tinggi yang dilengkapi fitur antilock braking system (ABS), kabin pengemudi yang lega dengan suspensi per keong, boogie lift di roda belakang untuk menjaga agar pemakaian ban lebih awet, serta fitur telematics dan sebagainya.

Baca juga: Empat Varian UD Trucks Perkuat Logistik Indonesia

Sejalan dengan itu, dalam sisi penjualan UD Truck Indonesia meraih hasil positif di pasar truk segmen medium duty dan heavy duty Tanah Air, meski persaingan di segmen tersebut terbilang cukup ketat sepanjang tahun 2018. Truk andalan mereka, yakni Quester yang resmi meluncur dua tahun lalu tersebut berhasil mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi hingga 40-50 persen per tahun.

"Peningkatan penjualan kami raih di segmen medium atau heavy duty, yang mencapai hampir 50 persen. Pertumbuhan itu tak lepas dari segmen kargo dan tambang yang semakin membaik," ungkap Handi Lim, UD Sales & Logistic Director Department UD Trucks saat berbincang dengan KabarOto di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Lebih lanjut Handi pun menambahkan, "Pencapaian positif yang diraih UD Trucks Indonesia tak lepas dari dukungan grup Volvo, sebagai salah satu pabrikan truk terbesar di dunia. Dengan cara meracik truk Jepang dengan cita rasa Eropa pada truk Quester yang dipasarkan di Indonesia," bebernya.

Baca juga: Astra UD Trucks Gelar Pembuatan SIM Gratis Bagi Pengemudi Truk

Ditambah lagi, jelas Handi, UD Trucks mendapatkan dukungan kuat dari dua distributor utama dari Astra International, yakni PT Astra UD Trucks yang memasarkan truk Quester untuk tipe-tipe kendaraan jalan raya (on road), serta PT United Tractors Tbk yang memasarkan tipe-tipe truk Quester untuk sektor tambang dan perkebunan (off road).