POPULAR STORIES

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Pengendara Motor Saat Musim Hujan

Perlengkapan yang Wajib Dibawa Pengendara Motor Saat Musim Hujan Mengendarai motor saat musim hujan harus membawa berbagai perlengkapan

KabarOto.com - Sepeda motor, merupakan kendaraan roda dua paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk beraktivitas. Namun, saat ini hujan selalu mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Hujan yang datang tanpa tanda, membuat pengedara sepeda motor harus banyak membawa beberapa perlengkapan. Satu di antaranya adalah jas hujan.

Demmy Firmansyah selaku Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) menjelaskan perlengkapan tersebut bertujuan untuk melindungi tubuh kita dari terpaan air hujan secara langsung apabila kita terpaksa harus tetap berkendara ketika hujan mulai turun.

Baca Juga: Awas! Sokbreker Rentan Bocor Saat Musim Hujan

Perlengkapan yang wajib di bawa saat mengendarai motor adalah:

Jas hujan, pdrlengkapan yang wajib dibawa saat gunakan motor musim hujan

1. Jas Hujan Stelan

Jas hujan yang baik adalah jas hujan setelan dengan bagian atasan dan bawahan terpisah. Bukan jas hujan ponco besar dengan warna cerah atau terdapat garis warna terang pada jas hujan yang dapat menyala apabila terkena lampu dari pengendara lain.

2. Jas Hujan Sepatu

Jas hujan sepatu atau shoes raincoat dapat melindungi sepatu kita agar tetap kering meski berkendara dalam keadaan hujan. “Untuk ini pemilihannya harus tepat, kita harus memastikan bahwa ukurannya tidak terlalu besar dan bagian telapaknya haruslah bahan yang tidak licin ketika kita menapakkan kaki di jalan raya,” kata Demmy.

3. Sarung Tangan

Sebaiknya pada kondisi cuaca musim hujan, disarankan menggunakan sarung tangan yang memiliki daya serap air rendah dan harus tetap menutupi seluruh ruas jari tangan pengendara. Sarung tangan yang memiliki daya serap air rendah akan memberikan kenyamanan saat dipakai dan tidak licin saat harus mearik tuas gas.

Baca Juga: Poin Penting Jaga Keselamatan Pengendara Motor Di Musim Hujan

Berkendara menggunakan sepeda motor saat musim hujan juga perlu ekstra hati-hati. Selain jalanan yang lebih licin, adanya jalan berlubang tentunya akan mengganggu dan membahayakan pengendara.