Permintaan Ertiga Dan XL7 Meningkat, Suzuki Tambah Jam Kerja Di Pabrik

Permintaan Ertiga dan XL7 Meningkat, Suzuki Tambah Jam Kerja di Pabrik Pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat

KabarOto.com - Kinerja otomotif saat Pandemik Covid-19 menurun drastis, namun saat ini sudah mulai pulih. Apalagi, pemerintah sudah memberikan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil yang dirakit di dalam negeri dan sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 70%.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang merasakannya, mereka mencatat wholesales di bulan Maret sebanyak 8.669 unit atau naik 88% dibanding Februari. Untuk retail sales di bulan Maret mencapai 8.179 unit atau naik 59% dibanding Februari.

Baca Juga: Ekspor Mobil Suzuki Meningkat, XL7 Terbanyak

Dari angka tersebut, New Carry pikap dan All New Ertiga serta XL7 yang mendapat insentif PPnBM. Berdasarkan data Gaikindo, industri otomotif kian pulih pada awal tahun 2021. Data tersebut juga menunjukkan, wholesales mobil pada bulan Maret lalu meningkat 72,6% jika dibandingkan bulan Februari 2021. Dengan angka sebanyak 49.202 unit.

Suzuki XL7

Peningkatan juga terjadi pada penjualan ritel All New Ertiga hingga sebesar 277% dan XL7 hingga sebesar 224% jika dibandingkan bulan Februari lalu. "Peningkatan penjualan ini, didorong dengan adanya relaksasi PPnBM,” jelas Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Penjualan Suzuki di bulan Maret 2021, New Carry Pikap memimpin dengan wholesales sebanyak 4.459 unit atau tumbuh 39% jika dibandingkan dengan bulan Februari 2021. Mobil rajanya pikap menguasai 50,2% pasar kendaraan low pikap.

Suzuki Carry Pikap

Retail sales, New Carry Pikap terjual 3.798 unit atau tumbuh 15,3% serta berhasil menguasai 50,6% segmen low pikap. Untuk kendaraan penumpang, penjualan retail All New Ertiga mencapai 1.299 unit, tumbuh 277% dibandingkan Februari.

Sementara, XL7 penjualan retail sebanyak 2.053 unit atau meningkat 224% dibandingkan Februari. Karimun Wagon R juga naik 14% jika dibandingkan dengan bulan Februari.

Baca Juga: Beli Mobil Suzuki Selama April 2021 Berhadiah Suzuki NEX Crossover

Untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi, Suzuki menambah jam kerja di pabrik Cikarang dan memberlakukan holiday working atau bekerja di hari libur. Tujuannya, agar dapat meningkatkan jumlah produksi All New Ertiga dan XL7. Dengan begitu, diharapkan stok yang ada dapat menyesuaikan dengan permintaan konsumen.