POPULAR STORIES

Perodua Alza, Kembaran Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia

Perodua Alza, Kembaran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Perodua

KabarOto.com – Perodua baru saja merilis Alza, yang menjadi kembaran resmi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia asal Malaysia.

Perbedaan utama ialah desain bumper depan, lekukan Alza terlihat lebih tegas dan sedikit perbedaan di bagian cover lampu kabutnya. Begitu juga desain gril depan, Alza punya detil seperti mobil Eropa dengan efek tiga dimensi yang unik.

Dari samping semua tipe menggunakan spion berwarna hitam, serta ada side skirt tambahan untuk tipe AV. Sementara pelek untuk tipe AV dan H mendapat model kipas finishing dual tone ukuran 16 inci dibalut ban Toyo Proxes CR1. Serta tipe rendahnya masih menggunakan ukuran 15 inci finishing silver dibalut ban Hankook Kinergy Eco 2.

Baca juga: Toyota GR Supra Hadirkan Warna Spesial Terbatas 50 Unit Saja

Bagian belakang juga dibedakan dengan lekukan senada seperti bagian depan, dipermanis garnis seperti underguard. Berikut lampu belakang LED yang sama seperti di Avanza dan Xenia.

Alza baru ditenagai oleh mesin 2NR-VE 4 silinder DOHC 1.500 cc, seperti yang digunakan di facelift Myvi, menghasilkan tenaga 105 dk dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Disambung ke transmisi CVT penggerak roda depan.

Mengintip bagian dalamnya, untuk tipe X dan H mendapat balutan warna hitam, tipe X menggunakan bahan fabric di jok, dan tipe H dipadukan antara kulit dan sintetis. Sementara tipe AV dibedakan dari warna aksen merah di beberapa bagian seperti dasbor dan jok.

Lalu spidometer tipe AV dan H sudah menggunakan layar ukuran tujuh inci dan layar entertainment sembilan inci. Sementara X memakai speedometer analog layar tft dan headunit belum layar monitor.

Baca juga: Jajal Toyota Safety Sense Pada All New Veloz, Seperti Apa?

Beruntungnya semua sudah mendapatkan panel AC digital dan tombol start/stop. Namun rem parkir elektronik hanya tersedia di AV, lalu untuk H dan X masih menggunakan tuas biasa. Tidak hanya itu, tipe X tidak memiliki tombol apapun di setir, sementara tipe H sudah ada audio steering, dan cruise control, lalu AV dilengkapi tombol angkat telpon dan Line Keep Assist.

Soal fitur, semua tipe mulai dari X hingga AV sudah dibekali enam buah airbag, dan Advanced Safety Assist (ASA) Pre-collision Warning, Pre-collision Braking, Front Departure Alert (FDA), Pedal Misoperation Control (PMC), bahkan Lane Departure Warning and Prevention. Bahkan AV mendapat cruise control adaptif, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, dan kamera 360.

Soal harga, dimulai dari Rp 210 jutaan untuk tipe X, Rp 225 jutaan tipe H dan tertinggi AV Rp 254 jutaan. Tersedia lima warna yakni Vintage Brown, Elegant Black, Garnet Red, Glittering Silver, dan Ivory White.