Persaingan Abadi: Honda Civic Turbo Vs Toyota Corolla Altis

Persaingan Abadi: Honda Civic Turbo vs Toyota Corolla Altis Foto : Edo/KO

KabarOto.com – Persaingan medium sedan di Indonesia makin memanas dengan kehadiran All-New Toyota Corolla Altis pada September 2019. Diluncurkannya Corolla ini membuat pasar kian berwarna karena pihak Toyota tidak tanggung-tanggung, karena menghadirkan sedan dengan banyak fitur dan tiga varian termasuk hybrid.

Sedikit flashback, kedua sedan ini sudah menjadi rival sejak 1970. Nah pada tahun 2019 keduanya kembali bersaing dengan menawarkan masing-masing desain yang modern dan teknologi canggih. Kali ini KabarOto ingin memilah lebih detail untuk pembaca setia tentang Honda Civic Turbo sedan dengan Toyota Corolla Altis.

Baca Juga : Komparasi Honda City Vs Toyota Vios, Pilihan Sulitkah?

Eksterior & Dimensi

Bicara soal eksterior, Honda Civic Turbo memulai debutnya pada 2016. Sedan ini mendapatkan penyegaran tahun lalu, dan pada tahun ini Civic hanya memiliki satu varian saja. Dari fascia depan tentu mengusung bahasa Honda yaitu solid wing face, untuk varian sedan ini tampilan depannya lebih ke arah elegan. Untuk facelift perubahannya hanya di bagian bumper dengan penambahan aksen krom dan framing foglampnya menyambung ke bumper.

Bagian lampu utama sudah full LED multireflektor dengan DRL, ubahan lainnya pada foglamp yang sudah LED. Di samping tidak banyak ubahan, hanya terdapat aksen krom pada window line dan handle pintu.

Pelek dengan dual-tone ukuran 17 inci ini, motifnya masih dengan pre-facelift hanya perubahan di finishing dengan warna abu-abu. Pelek ini dibalut dengan ban Bridgestone Turanza profil 215/50 R17. Kelincahan kaki-kaki, bagian depan mengusung MacPherson Strut dan belakang Multi Link.

Untuk sektor pengereman bagian depan dan belakang sudah cakram. Civic sudah dilengkapi ABS+EBD dan Brake Assist (BA), Brake Override System, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Baca Juga : Profil - New Honda Civic 1.5L Turbo

Bagian belakang sayangnya tidak ada ubahan, lampunya masih sama dengan sebelum facelift. Bumper dengan aksen krom, untuk pasar Indonesia menggunakan extension muffler yang membuat tampilan sedikit sporty dan terdapat kamera mundur.

Untuk rivalnya, pada tahun 2019 generasi ke-12 dari Toyota Corolla Altis hadir dengan platform TNGA dan tampilan baru. Dengan muka baru yang semakin sporty berkat fascia depan yang desainnya meruncing. Gril tipis tampak agresif yang diapit oleh headlamp yang senada dengan garis. Lampu utama sudah full LED dengan proyektor dengan DRL, sama dengan rivalnya bagian foglamp sudah LED.

Tetapi untuk LED proyektor ini hanya untuk varian V dan Hybrid saja, karena varian G lampu utamanya masih proyektor halogen dan lampu seinnya bohlam biasa. Walaupun begitu foglampya masih LED.

Samping Altis, aksen krom hanya pada window line dan handle pintu saja. Untuk bagian pelek, varian G bermaterial alloy single-tone 16 inci dibalut ban Bridgestone Ecopia ukuran 205/55 R16, untuk varian V dan Hybrid ukuran 17 inci dengan dual-tone dibalut ban Dunlop SP Sportmax ukuran 225/55 R17. Bagian kaki-kaki, untuk depan menggunakan MacPherson Strut dan belakang double wishbone yang diklaim lebih nyaman.

Untuk sektor pengereman bagian depan dan belakang sudah cakram. Corolla Altis sudah dilengkapi ABS+EBD dan Brake Assist (BA), Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control (VSC).

Belakang Altis, aksen krom menyambung hingga ke bawah lampu. Untuk semua varian lampu belakang sudah full LED. Sama seperti di depan bagian bumper belakang desannya meruncing, dan terdapat empat titik sensor parkir dengan kamera mundur.

Bicara soal dimensi, Honda Civic Sedan memiliki (PxLxT) 4.630 mm, 2.075 mm, 1.416 mm dan memiliki wheelbase 2.700 mm. Sementara rivalnya, (PxLxT) 4.630 mm, 1.780 mm, 1.435 mm dengan wheelbase 2.700 mm.