Komparasi Honda City Vs Toyota Vios, Pilihan Sulitkah?

Komparasi Honda City Vs Toyota Vios, Pilihan Sulitkah? Sumer Foto : Honda & Toyota Indonesia

KabarOto.com – Mobil sedan biasanya diklaim mampu memberikan kesenangan saat dikendarai. Selain asyik, kenyamanan juga menjadi hal terbaik di antara mobil-mobil lainnya.

Bagi Sobat KabarOto yang sedang mencari small sedan dengan harga Rp 300 jutaan. Kali ini KabarOto akan komparasi sesama varian anyar Toyota Vios G dengan Honda City E, yuk kita bahas secara lengkap dan detail.

Eksterior & Dimensi
Bicara soal eksterior dari Honda City ini sudah mengalami penyegaran pada 2017 lalu dan untuk di tahun 2020 ini Honda hanya menjual satu varian saja yaitu E, dari fascia depan perubahannya pada bumper dan gril dengan bahasa Honda kekinian yaitu Solid Wing Face.

Baca Juga : Corona Masih Mengancam, Toyota Perpanjang Penutupan Pabrik

Dan penggunaan lampu utama LED multireflektor dengan DRL yang membuatnya semakin kekinian, sayangnya untuk foglamp masih halogen biasa. Bagian samping tidak banyak ubahannya, aksen krom hanya di temukan di handle pintu.

Penggunaan pelek baru dengan warna dual-tone berukuran 16 inci yang dibalut dengan ban Bridgestone Turanza. Untuk sektor pengereman untuk bagian depan cakram dan bagian belakang tromol. Namun, sudah dilengkapi ABS+EBD, Brake Assist (BA), Brake Override System dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Pada bagian belakang sayangnya tidak banyak perubahan, lampunya masih sama dengan versi sebelum facelift. Penggunaan bumper baru dan terdapat kamera mundur.

Untuk rivalnya yaitu Toyota Vios pada tahun 2018 lalu mobil ini mengalami penyegaran, dengan muka baru yang biasa di panggil ‘Joker’ terlihat lebih sporty. Untuk bagian lampu sudah ada DRL LED, tetapi untuk lampu utama proyektor dan foglamp masih halogen biasa.

Pada bagian samping tidak banyak aksen krom berlebihan hanya pada handle pintu saja. Serta penggunaan pelek baru 16 inci dengan dual-tone gun metal yang dibalut dengan ban Bridgestone Turanza. Untuk sektor pengereman sudah menggunakan cakram untuk bagian depan dan belakang. Sama seperti rivalnya, Vios sudah dilengkapi ABS+EBD, Brake Assist (BA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Pada bagian belakang ubahan terlihat pada bentuk lampu baru yang sudah LED, tetapi untuk lampu mundur dan sein masih bohlam biasa. Bumper juga berbeda dengan sensor parkir dua titik.

Bicara soal dimensi, Honda City memiliki (PxLxT) 4.442 mm, 1.694 mm, 1.477 mm dan memiliki wheelbase 2.600 mm. Sementara rivalnya, (PxLxT) 4.425 mm, 1.730 mm, 1.500 mm untuk wheelbase 2.550 mm.

Baca juga : Efektifkah Luncurkan Mobil Baru Lewat Streaming? Ini Kata Toyota

Interior
Pada bagian interior dari Honda City ini berwarna hitam yang membuatnya lebih sporty. Pada lingkar kemudi terdapat tombol untuk pengaturan audio dan cruise control, tidak lupa terdapat paddle shift yang makin menambah sensasi sporty di kabin. Instrumen kluster yang MID-nya sudah full TFT display.

Terdapat tombol econ mode serta tombol pengaturan spion terlipat otomatis saat mobil dikunci. Di bawahnya ada tombol untuk aktif/non-aktifkan Vehicle Stability Assist (VSA).

Pada konsol tengah penggunaan headunit 8 inci dengan model floating yang dapat terkoneksi dengan smartphone, untuk speaker terdapat 8 yaitu 4 speaker utama dengan 4 tweeter di masing-masing pintu.

Pengaturan AC model touch panel, airbag tersedia 2 di bagian driver dan penumpang depan. Untuk jok masih berbahan fabric yang sudah support ISOFIX. Untuk bagian belakang terdapat ventilasi AC. Cup holder terdapat 5 buah, untuk tuas transmisi model lurus. Bicara soal kapasitas bagasi, Honda City memiliki kapastias 486 liter yang mampu menampung satu koper besar dan satu koper medium.

Honda City (atas), Toyota Vios (bawah)

Untuk rivalnya, Toyota Vios ini warna interiornya bertema elegan dengan warna beige kombinasi dengan hitam dan silver. Desain dasbornya pun berubah total dengan model sebelumnya, untuk instrumen klusternya bagian MID sudah full TFT display.

Pada kolom setir terdapat tombol pengaturan audio di sebelah kiri dan untuk mengatur MID di sebelah kanan, tidak mau kalah dengan City kini Vios sudah dilengkapi paddle shift. untuk cup holder terdapat 6 buah.

Sayangnya mobil ini tidak memiliki cruise control, tetapi ada fitur yang tidak di miliki rivalnya yaitu auto headlamp saja. Di bawah tombol engine start/stopnya terdapat headlamp leveling dan tombol Vehicle Stability Control (VSC). Serta terdapat tombol pengaturan driving mode, ECO dan Sport tetapi ini hanya tersedia di varian G CVT saja.

Baca Juga : All New Honda City Raih 5 Bintang Dalam Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Tentunya pengaturan spion sudah elektrik termasuk pelipatannya tetapi tidak bisa menutup otomatis saat dikunci. Pada konsol tengah headunit touchscreen ukuran 6.1 inci yang bisa terkoneksi Apple, miracast, bluetooth dan dvd. Mobil ini juga dibekali dengan 6 buah speaker yang tersebar di kabin.

Pengaturan ac masih ada tombol fisik tetapi sudah digital, keunggulannya dari Vios ini memiliki 7 airbags untuk semua varian. Untuk transmisi CVT model tuasnya mengusung gate-type khas Toyota. bicara soal kapasitas bagasi Toyota Vios ini memiliki keunggulan dengan 506 liter yang mampu menampung tiga koper berukuran besar.

Honda City (atas), Toyota Vios (bawah)

Mesin
Bicara soal dapur pacu Honda City menggunakan tipe L15A SOHC i-VTEC 1.500 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 118 dk pada 6.600 rpm serta torsi 148 Nm pada 4.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan 7 speed virtual.

Untuk Toyota Vios, menggunakan mesin baru 2NR-FE DOHC Dual VVT-i 1.496 cc yang mampu menghasilkan tenaga 107 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dan disambung ke transmisi manual dan CVT dengan 7 speed virtual.

Harga
Bicara soal harga Honda City hanya tersedia satu varian yaitu E CVT yang dibanderol Rp 352 jutaan. Sementara untuk rivalnya Toyota Vios G CVT lebih murah yaitu Rp 341 juta untuk CVT dan Rp 321 juta untuk manual. Jadi bagaimana Sobat KabarOto, sudah memutuskan untuk membeli yang mana?