POPULAR STORIES

Persaingan Pasar LMPV Semakin Melebar

Persaingan Pasar LMPV Semakin Melebar Mitsubishi Xpander tawarkan revolusi desain.(istimewa)

KabarOto.com - Persaingan pasar low multi purpose vehicle yang selama ini nyaris dikuasi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, kemudian ada Suzuki Ertiga, semakin melebar.

Produsen otomotif kini tak hanya menawarkan efisensi dan kepraktisan mobil berpenumpang tujuh orang, tapi juga nuansa stylish dan sporty.

Xpander dari Mitsubishi maupun Confero S (Wuling) memberi pembeda pasar otomotif di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di 2017. Maka, hampir bisa dipastikan persaingan di segmen ini akan semakin ketat.

Baca Juga:

Kehadiran Xpander maupun Confero tentu memberi alternatif baru bagi konsumen yang ingin menambah atau membeli mobil di 2018.

Meski demikian, kehadiran keduanya tetap sulit "menggoyang" penjualan jenama pemain lama, sebut saja Avanza, Xenia atau Ertiga.

Tapi setidaknya, kehadiran Xpander yang menawarkan revolusi desain yakni, bodi besar tapi tetap stylish dan sporty, akan semakin menyulitkan pemain lama dalam upaya penetrasi pasar. Angka penjualan November lalu misalnya, Xpander mengalahkan Xenia, Ertiga, termasuk Honda Mobilio.

Lain lagi Wuling Confero. Mobil yang juga menyasar segmen LVPV ini tak hanya menawarkan kemewahan, tetapi juga harga relatif terjangkau.

Bahkan, Confero diproklamirkan kepada calon konsumen yang akan berpindah dari pengendara motor ke kendaraan roda empat.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan Mitsubishi Xpander selama November 2017 tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Total penjualan 8.329 unit, sebanyak 4.882 unit berasal dari Xpander.

Pencapaian itu menempatkan Xpander di urutan kedua pada segmen Low MPV terlaris, meski belum mampu mengalahkan Toyota Avanza yang sukses menjual 10.070 unit.