Persiapan Berkendara Saat Hujan Ala Mitsubishi

Persiapan Berkendara Saat Hujan Ala Mitsubishi

KabarOto.com - Musim penghujan telah datang, bagi Sobat KabarOto yang menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi sehari-hari baiknya selalu mengecek kondisinya. Pasalnya, ini akan mempengaruhi kelancaran aktivitas harian serta aman digunakan.

Menyiapkan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa beberapa komponen mobil, terutama yang digunakan saat kondisi hujan sehingga bisa optimal. Berikut beberapa tips persiapan berkendara dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI):

1. Cek kondisi wiper

Sudah menjadi hal pasti untuk mengecek bagian wiper karena komponen ini akan membantu visibilitas pengendara. Wiper berguna untuk menyapu air dari kaca mobil, sehingga saat kendaraan digunakan di tengah hujan akan tetap aman.

Baca Juga: Hujan, Simak Cara Rawat Seputar Wiper

Apabila karet wiper sudah keras sebaiknya segera diganti karena fungsinya sudah tidak optimal. Tak kalah penting, Sobat KabarOto juga harus merawat bagian tabung air dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih dari endapan lumpur, lumut, dan kotoran lainnya.

2. Kondisi ban mobil

Bagian penting lainnya yaitu ban mobil. Komponen ini menjadi satu-satunya yang bergesekan langsung dengan aspal. Saat hujan tentunya jalanan menjadi licin, sebab itu Sobat KabarOto harus cek kondisi ban dalam kondisi baik agar tidak menyebabkan selip.

Apabila ditemukan alur ban sudah halus atau botak, sebaiknya segera ganti. Apabila kondisi luar ban sudah baik, lanjutkan pengecekan tekanan angin. Sobat KabarOto bisa mengecek ukuran standar yang dianjurkan pabrikan pada sisi pintu pengemudi.

3. Kondisi rem

Bagian rem juga tak kalah penting karena berhubungan dengan keamanan berkendara, apalagi saat hujan aspal lebih licin dan rawan slip. Periksa kondisi kampas rem, serta volume minyak rem pada reservoir tank. Sobat KabarOto juga harus memastikan bahwa tidak ada kebocoran di bagian tersebut.

Baca Juga: Ilegal, Jangan Asal Pakai Lampu Terang Untuk Kendaraan

Salah satu cara yang diberikan oleh Mitsubishi untuk mengecek ketebalan kampas rem yaitu apabila terdengar bunyi decitan dari bagian rem, ada kemungkinan bahwa kampas sudah tipis.

4. Cek kelistrikan dan lampu

Penerangan saat berkendara di tengah hujan merupakan hal penting sebab membantu visibilitas. Pastikan seluruh bagian lampu memiliki penerangan yang baik. Selain itu ceklah mulai dari meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, dan lampu senja. Pastikan kelistrikan mobil sudah terlindungi socket yang waterproof.

Kabel merupakan bagian yang paling berisiko oleh gigitan hewan. Apabila kabel terbuka atau terkelupas maka bisa menyebabkan konslet.

"Untuk memastikan fungsi dari tiap komponen bekerja secara normal dibutuhkan pengecekan baik melalui perawatan berkala di bengkel resmi maupun secara mandiri oleh pengguna terhadap kendaraannya," ujar Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT MMKSI.