Persiapan MotoGP 2022, Lintasan Sirkuit COTA Akan Diperbaiki

Persiapan MotoGP 2022, Lintasan Sirkuit COTA Akan Diperbaiki Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Usai mendapatkan banyak kritik dari para pembalap MotoGP dari musim 2021, Circuit of The Americas (COTA) akan diperbaiki kondisi lintasannya.

Seusai seri ke-15 MotoGP di Amerika Serikat, sebagian besar pembalap mengeluhkan kondisi lintasan sirkuit yang berlokasi di Austin, Texas. Seperti yang diketahui, para pembalap mengeluhkan kondisi lintasan saat memasuki tikungan 2 hingga menjelang keluar tikungan 10.

Baca juga: Untuk Hadapi Musim 2022, Pol Espargaro Ingin Meningkatkan Performa Honda RC213V

Kondisi lintasan COTA membuat motor kerap memantul saat melakukan pengeraman sehingga membuat para pembalap kesulitan. Kabar baik pun akhirnya datang, permintaan para pembalap sudah ditanggapi oleh pemiliki sirkuit. Walaupun, perbaikan nantinya tidak mencakup seluruh lintasan.

Franco Uncini selaku Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Safety Office di MotoGP mengakui banyak pembalap yang mengeluhkan kondisi sirkuit sepanjang 5,513 km tersebut.

“Saya mengunjungi Texas pada musim panas lalu, anatara dua race di Austria. Saya mencatat memang ada sejumlah lubang tetapi tidak sebanyak yang kami temukan saat MotoGP Amerika Serikat. Situasi saat itu memanglah sangat buruk. Kami sudah mengungkapkan keinginan agar seluruh permukaan lintasan diaspal ulang,” ungkap Franco Uncini.

Baca juga: Ini Regulasi Baru WSBK Dan WSSP 2022

Marc Marquez menangi tujuh balapan di COTA

Dengan perbaikan ini, Uncini percaya akan menyelamatkan MotoGP Amerika Serikat di masa depan. Meskipun begitu, para pembalap tidak ingin hanya mengintervensi soal pelapisan ulang aspal. Mereka juga ingin membantu menyelesaikan masalah lain yang berat.

Oleh karena itu, para pembalap harus bersabar karena pihak COTA akan memulai perbaikan pada akhir Febuari 2022 mendatang. Begitu selesai, Uncini akan memeriksa dan mungkin mengujinya secara langsung. Pasalnya, Uncini seorang mantan pembalap yang pernah menjadi Juara Dunia kelas 500 cc di tahun 1982 silam.

Walaupun kondisi lintasan ini tidak maksimal, COTA yang memulai debutnya dari 2013 hingga 2019 dan 2021 ini menjadi trek kesukaan Marc Marquez (Repsol Honda). Pasalnya, pembalap bernomor 93 itu meraih kemenangan sebanyak tujuh kali termasuk 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2017, dan 2021.