POPULAR STORIES

Persiapan Tim Indonesia Tempur Di Shell Eco Marathon Akhir Tahun Ini

Persiapan Tim Indonesia Tempur di Shell Eco Marathon Akhir Tahun Ini Persiapan Tim Indonesia Tempur di Shell Eco Marathon Akhir Tahun Ini (Shell)

KabarOto.com - Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 telah diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 4-9 Juli 2023. 76 tim pelajar dari 13 negara di Asia-Pasifik dan Timur Tengah ikut dalam kejuaraan ini.

Indonesia meperoleh 13 penghargaan dari total 18 predikat On-Track untuk kategori Urban Concept dan Prototype. Tim pelajar Indonesia meraih tujuh penghargaan kategori Urban Concept, tiga di antaranya berhasil menduduki posisi puncak untuk tiga subkategori.

Baca Juga: Kampus Ini Harumkan Nama Indonesia Di Ajang Lomba Shell Eco Marathon 2023

Tidak hanya mendominasi kejuaraan, tiga tim pelajar dari Indonesia juga berhasil menjadi bagian empat tim terbaik Asia-Pasifik dalam Regional Championship kategori Urban Concept, yakni Garuda UNY ECO TEAM 1 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ITS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), dan Arjuna UI Team dari Universitas Indonesia (UI).

Mereka akan bertanding di ajang Shell Eco-marathon World Championship 2023 bersama tim TP ECO FLASH dari Politeknik Temasek Singapura. Program ini akan berlangsung di Shell Technology Center, Bangalore, India, pada 10-12 Oktober 2023.

Baca Juga: Thailand Jadi Pemenang Kelas Prototype Di Shell Eco Marathon Mandalika 2023

World Championship akan diikuti oleh 12 tim pelajar dengan kendaraan hemat energi kategori Urban Concept dari tiga kawasan, yaitu Asia-Pasifik dan Timur Tengah, Amerika, serta Eropa dan Afrika.

"Tahun ini, Indonesia kembali mendominasi podium kejuaraan. Kami akan terus berkolaborasi untuk kesiapan tiga tim perwakilan Indonesia berkompetisi di skala yang lebih besar, World Championship," ujar Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia.

Bayu Irfansyah Putra, General Manager ITS Team Sapuangin, mengaku pihaknya melakukan persiapan dari segi teknis dan nonteknis.

"Dari segi teknis, kami melakukan beberapa modifikasi seperti penyaluran daya dan kelistrikan agar mampu tampil prima saat World Championship nanti," jelas Bayu.