POPULAR STORIES

Pertamax Motorsport Sprint Rally Team Ikut Ramaikan Kejurnas Sprint Rally 2017

Pertamax Motorsport Sprint Rally Team Ikut Ramaikan Kejurnas Sprint Rally 2017 Pertamax Motorsport Sprint Rally Team (Foto: Dok)

kabaroto.com - Pertamax Motorsport Sprint Rally Team yang diperkuat oleh duo Rifat Sungkar dan Rizal Sungkar akan ikut meramaikan jalannya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally 2017 yang putaran pertamanya siap diselenggarakan di Sirkuit Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI.

Rifat yang menjabat sebagai Direktur Pertamax Motorsport mengatakan, “Pertamax Motorsport memiliki komitmen untuk ikut meramaikan Kejurnas Sprint Rally, di mana putaran pertamanya akan dilangsungkan pada 8 dan 9 April mendatang di Sirkuit PMPP Sentul, Jawa Barat, maka dari itu saya dan Rizal akan mewakili Pertamax Motorsport Sprint Rally Team untuk ikut berlaga. Partisipasi ini juga bentuk awal kecintaan saya terhadap rally di Indonesia, setelah terakhir menjadi pebalap rally Indonesia pada 2008 silam, karena setelah itu saya sering ikut event internasional. Dan saat ini saya rasa, kancah rally harus bangkit lagi seperti sedia kala.”

Nantinya, Rifat dan Rizal akan turun di kelas M1 (mobil dengan spesifikasi active center diff, refecter turbo standar FIA 33 mm). Jika Rifat akan berpasangan dengan navigator senior Hervian Soejono, lain halnya Rizal yang akan berduet dengan co-driver Endrue Fasha. Baik Rifat maupun Rizal sama-sama akan menggunakan Mitsubishi Evo X.


“Pertamax Motorsport Sprint Rally Team sudah sangat serius mempersiapkan diri jelang perlombaan, karena saya melihat bahwa tahun ini persaingan akan lebih ketat, para peserta juga semakin matang dalam persiapan. Hal tersebut merupakan suatu yang positif, karena memang yang dibutuhkan di kancah rally adalah semangat dan komitmen dari para penggiatnya agar menjadikan perlombaan ini lebih besar lagi,” tutur Rifat.

Rifat juga mengungkapkan bahwa keikutsertaan Pertamax Motorsport tak hanya berpartisipasi dalam ajang Kejurnas Sprint Rally, namun juga ikut mensponsori perhelatan tersebut. Dengan kata lain, event Pertamax Motorsport juga akan menjadi bagian dari Kejurnas Sprint Rally. “Saya dan Pertamax Motorsport sudah berpikir untuk memiliki program kerja selama tiga tahun, dan tahun ini merupakan tahun kedua. Tentunya kami punya program yang harus memiliki dampak perkembangan positif dari tahun ke tahun. Kami akan mensponsori empat dari tujuh putaran Kejurnas Sprint Rally dan kami memutuskan untuk meningkatkan status kejuaraan Pertamax Motorsport Program, dari yang sebelumnya hanya club event menjadi Kejuaraan Nasional. Upaya yang kami lakukan ini adalah untuk meningkatkan kembali gairah cabang olahraga sprint rally seperti kejayaannya di era tahun 90-an,” ungkapnya.

Tentunya, Pertamax Motorsport juga memiliki harapan dengan dukungan yang mereka berikan. Rifat berharap agar dengan semakin bertambahnya event olahraga otomotif yang ada serta peningkatan komitmen mengenai waktu pelaksanaan event, para pebalap muda dapat memiliki wadah yang tepat sasaran agar mereka punya tempat untuk terus berlatih dengan keras sehingga mampu menghasilkan prestasi-prestasi yang positif sekaligus bisa membawa harum nama Indonesia di kancah dunia.

Ia melanjutkan, “Tentunya di hari-hari mendatang, kami juga berharap agar lebih banyak lagi peminat yang ingin ikut berkompetisi di Kejurnas Sprint Rally, baik itu mereka yang akan berlaga dengan kendaraan 4WD ataupun juga 2WD.”

Adapun jadwal keempat putaran mendapat dukungan penuh dari Pertamax Motorsport adalah sebagai berikut:

Putaran 2 (5 dan 6 Mei 2017, Sirkuit Paramount, Gading Serpong, Tangerang Selatan)

Putaran 3 (4 dan 5 Agustus 2017, Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten)

Putaran 5 (6 dan 7 Oktober 2017, TBC)

Putaran 6 (3 dan 4 November 2017, TBC)